Independen di Pilkada Siantar, MUI Ingatkan Sesama Umat Manusia Bersaudara

Bagikan :

PEMATANGSIANTAR – Konsep persaudaraan dalam agama Islam disebut sebagai ukhuwah, yang terdiri dari tiga jenis. Diantaranya, Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah atau Basyariyah.

Terkait ukhuwah (persaudaraan), Ketua Umum Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Siantar Drs HM Ali Lubis mengingatkan pentingnya memahami konsep persaudaraan dalam islam.

Hal itu dikatakan Ketua DP MUI Kota Siantar saat menerima kunjungan silaturahmi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar nomor 2 Mangatas Silalahi SE dan Dr Ade Sandrawati Purba SH MH di Gedung MUI Kota Siantar, Jalan Kartini, Kecamatan Siantar Barat, Rabu 9 Oktober 2024.

Dipaparkan HM Ali Lubis, Ukhuwa Islamiyah mengharuskan umat muslim menganggap setiap umat islam adalah saudara, tanpa membedakan latar belakang keturunan maupun kebangsaan, dan lainnya.

Sedangkan Ukhuwah Wathaniyah adalah persaudaraan sebangsa dan setanah-air. Sehingga tidak boleh menyakiti saudara sebangsa dan setanah-air.

“Ukhuwa Wathaniyah, saudara sesama anak bangsa. Berdosa saya, kalau saya bohongi Pak Mangatas, kalau fitnah Pak Mangatas,” ucap HM Ali Lubis.

Sementara Ukhuwa Islamiyah atau Basyariyah, merupakan konsep persaudaraan antar sesama umat manusia.

Kepada Mangatas Silalahi, Ade Sandrawati Purba dan rombongan HM Ali Lubis mengatakan, pada kontestasi Pilkada Siantar 2024, MUI Kota Siantar bersikap independen, atau tidak memihak ke calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar manapun.

Bagikan :