dr Susanti Tegaskan Siantar kota Toleransi di Indonesia

Bagikan :

SIANTAR – Kliktodaynews.com|| Sejumlah papan bunga ucapan selamat dan sukses memeriahkan lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Siantar Timur ke-55 yang digelar di Masjid Al-Ikhlas, Jalan Palangkaraya Kelurahan Pahlawan, 31 Januari-01 Februari 2023. Salah satu yang menarik perhatian adalah papan bunga ucapan dari DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Pematang Siantar-Kabupaten Simalungun.

Papan bunga yang diletakkan di pintu masuk gang menuju lokasi acara berisikan tulisan “Selamat dan Sukses MTQ Kecamatan Siantar Timur ke-55 dan Festival Marhaban Tahun 2023, dari DPD Walubi Pematang Siantar-Simalungun”.

Ketua DPD Walubi Pematang Siantar-Simalungun Susanto melalui Sekretarisnya Chandra SE menerangkan, pihaknya mendapat undangan resmi dari Panitia MTQ
Kecamatan Siantar Timur ke-55 dan Festival Marhaban Tahun 2023.

Atas undangan tersebut, pihaknya merasa sangat senang karena diajak untuk terlibat dalam kegiatan agama lain.

Sebagai support dan dukungan pada acara tersebut, kata Chandra, pihaknya memberikan ucapan selamat melalui papan bunga. Itu juga, lanjutnya, sebagai bentuk toleransi dan saling menghargai antara pemeluk agama di Kota Pematang Siantar.

“Kita ingin menunjukkan bahwa Kota Pematang Siantar itu, meskipun beragam suku dan agama, tapi tetap saling menghargai dan menghormati. Kita ingin Kita Pematang Siantar tetap toleran,” terang Chandra.

Masih menurut Chandra, melalui papan bunga ucapan selamat tersebut, diharapkan silaturahmi antar pemeluk agama di Kota Pematang Siantar bisa terjalin lebih erat dan kita semakin harmonis,” tukas Chandra, yang juga mengimbau agar masyarakat Kota Pematang Siantar jangan mudah terpengaruh informasi hoax yang dapat merusak toleransi.

Sementara itu, Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada DPD Walubi Pematang Siantar-Simalungun yang telah turut mendukung pelaksanaan MTQ di Kota Pematang Siantar, khususnya di Kecamatan Siantar Timur.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Pematang Siantar mengucapkan terima kasih kepada DPD Walubi Pematang Siantar-Simalungun yang telah berusaha merawat toleransi di Kota Pematang Siantar. Ini telah menunjukkan indahnya keberagaman di Kota Pematang Siantar yang kita cintai,” terang dr Susanti.

dr Susanti juga mengajak masyarakat Kota Pematang Siantar untuk senantiasa merawat toleransi, dengan harapan Pematang Siantar bisa kembali meraih predikat sebagai kata paling toleran di Indonesia.

“Mari kita bersama mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” ajaknya.

MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Timur dibuka oleh Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, Selasa (31/01/2023).

dr Susanti dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan MTQ merupakan Festival Keagamaan Islam di Indonesia yang diadakan secara nasional. Tujuannya, untuk memelihara, mengembangkan, meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan, serta penyebarluasan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.

“Agar kehidupan yang kita jalani tetap menjadikan agama sebagai benteng moral kehidupan,” tutur dr Susanti.

Melalui MTQ, dr Susanti mengharapkan lahirnya generasi penerus yang cinta terhadap Alquran. Termotivasi untuk mempelajari, memahami, menafsirkan, serta menggali isi kandungannya untuk diamalkan dalam kehidupan.

“Dalam mengamalkan Alquran, kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW. Kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Alquran. Menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama,” kata dr Susanti. (*)

Bagikan :