dr Susanti dan Rektor USU Tandatangani MoU Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat

Bagikan :

SIANTAR – Kliktodaynews.com|| Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan MoU dilakukan di ruang audiensi Rektor USU di Medan, Selasa (14/03/2023) sore.

dr Susanti dalam sambutannya menyampaikan, USU memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya sumber daya manusia (SDM), perangkat kelembagaan yang kuat, dan mempunyai kemampuan untuk melakukan kajian serta penelitian. Sehingga USU diharapkan dapat menjadi agen pembangunan bagi pemerintah daerah, khususnya Kota Pematang Siantar.

Sesuai Undang-Undang (UU) Otonomi Daerah, lanjutnya, pemerintah daerah diberi keleluasaan dalam meningkatkan SDM.

“Tentunya kerjasama antara Pemko Pematang Siantar dengan Universitas Sumatera Utara adalah langkah strategis untuk membangun kota yang kita cintai,” tutur mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar ini.

Lebih lanjut, dr Susanti yang memeroleh gelar dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran USU tersebut, berharap kerjasama ini akan berlanjut dan membawa kebaikan bagi USU dalam mengimplementasikan wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Pemko Pematang Siantar juga dapat menerima manfaat dengan melibatkan SDM yang ada serta berbagai hal lainnya. Sehingga kegiatan hari ini merupakan payung hukum buat kami. Ke depannya akan banyak lagi kerjasama yang akan kita lakukan, untuk percepatan pembangunan di Kota Pematang Siantar,” sebut dr Susanti.

dr Susanti mengharapkan kerjasama tersebut dapat mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam penguatan kelembagaan dan peningkatan kualitas SDM di kedua belah pihak.

“Semoga pelaksanaan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, dan dapat diimplementasikan sebagaimana seharusnya,” tukasnya.

Sementara itu, Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan Pemko Pematang Siantar, yang dikukuhkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman atau MoU.

Muryanto berharap MoU tersebut dapat ditindaklanjuti dengan implementasi segera, yang didahului dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, khususnya dengan mengedepankan fakultas-fakultas ataupun program-program studi yang terlibat langsung sebagai mitra kerja sama dalam bidang-bidang yang telah disepakati. Serta dapat dirumuskan secara mendetail konsep kegiatan, berikut output-nya yang akan dilaksanakan.

“Dengan demikian bisa disusun mana agenda yang bisa direalisasikan segera, dan mana yang menyusul kemudian. Sehingga target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan MoU ini bisa segera terwujud dengan baik,” tuturnya.

Dilanjutkan Muryanto, wilayah kerja sama antara lain terkait penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, dan pengembangan kelembagaan, yang masuk dalam ranah pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di mana, antara Pemko Pematang Siantar dan USU dapat saling bersinergi dalam mengupayakan dukungan dan fasilitasi penyelenggaraan pembangunan daerah dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Termasuk dalam hal penguatan kelembagaan dan peningkatan kualitas SDM bagi kedua lembaga. Juga mendukung program prioritas pembangunan yang tengah dijalankan.

“Kami berharap, dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini untuk lima tahun ke depan, maka hubungan yang terjalin antara Universitas Sumatera Utara dengan Pemko Pematang Siantar dapat semakin erat dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak. Kerja sama ini diharapkan dapat semakin memperluas peluang dan kesempatan USU untuk berkontribusi dalam pembangunan dan memberikan manfaat bagi masyarakat umum,” tandasnya.

Kegiatan diisi dengan penyerahan cenderamata dr Susanti dan Muryanto.

Turut hadir, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pematang Siantar Johannes Sihombing SSTP MSi, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdako Pematang Siantar Suherman SSosI, Kabag Umum Arri Suaswandhy Sembiring SSTP MSi, Kabag Pemerintahan Robert Sitanggang SSTP, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Hendra TP Simamora SSTP, dan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Lahiri Amri G Hasibuan SSTP MAP.

Kemudian, Wakil Rektor III USU Prof Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan SSi MSi Apt, Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU Prof Dr Eng Himsar Ambarita ST MT, Sekretaris Direktorat Internasionalisasi dan Kemitraan Global USU Arif Nuryawan SHut MSi PhD, Manajer Kemitraan Global USU Dr Arida Susilowati SHut MSi, Kepala Biro Penelitian, PKM, dan Kerja Sama USU Surya Darma SSos, Dekan FISIP USU Dr Hatta Ridho SSos MSP, Wakil Dekan III FISIP USU Dr Harmona Daulay SSos MSi, serta Ketua Program Studi S1 Kesejahteraan Sosial USU Agus Suriadi SSos MSi. (*)

Bagikan :