Bupati Pakpak Bharat Tandatangani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Antar Daerah

Bagikan :

Pakpak Bharat-Kliktodaynews.com|| Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor bersama Bupati Samosir, Vandiko Timoteus Gultom, ST hari ini menandatanganani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Antar Daerah di Desa Kompleks Balai Benih Ikan, Desa Janji Martahan, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir.

Kerja sama ini nantinya akan mencakup kerja sama dalam pengembangan dan pertukaran teknologi perikanan dan tanaman bawang merah, suplay ikan dan bawang merah dari Samosir ke Kabupaten Pakpak Bharat, dan suplay gambir dari Pakpak Bharat untuk pewarna ulos di Samosir, serta bambu sebagai bahan baku kerajinan di Samosir, serta berbagai peluang kerja sama lainnya.

Semoga kerja sama antara dua Kabupaten ini menjadi saluran berkat bagi dua wilayah bertetangga ini, kami tadi sudah bicarakan juga tentang keterbukaan akses kedua Daerah, dan bahwa dua Daerah ini harus saling bekerja sama dan saling mendorong menuju kemajuan.

Kami punya gambir sebagai pewarna ulos yang banyak diproduksi di Samosir, dan Samosir akan membantu ketersediaan ikan air tawar di Kabupaten Pakpak Bharat, ucap Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor.

Baca Juga :  Wabup Pakpak Bharat Sambut Kunjungan Kacab Pembantu Bank Sumut Salak, Ini Pesannya

Tentunya harapan dari kerja sama ini adalah untuk keuntungan kedua Daerah, terutama kesejahteraan masyrakat, tentu ini semua bagus bagi kita, bagus bagi petani kita, dan sekali lagi tujuan dari semua ini adalah kesejahteraan masyarakat, ucap Bupati Samosir, Vandiko Timoteus Gultom, ST.

Objek kerja sama ini meliputi bidang pertanian dan perikanan, pariwisata, UMKM dan perdagangan, pekerjaan umum dsn penataan ruang, komunikasi dan informatika, dan urusan Pemerintahan lainnya.

Bersamaan dalam acara ini, kedua Kepala Daerah bertetangga ini juga menyaksikan Penanda Tanganan Kerja Sama tentang pengembangan produk unggulan pertanian dan perikanan, oleh Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan M Banurea dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir, Tumiur Gultom, serta Kerja Sama bidang pembinaan dan fasilitator perdagangan komoditi bawang merah, perikanan dan UMKM oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Pakpak Bharat, Sahat Parulian Boangmanalu dan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, Tenaga Kerja dan UMKM Samosir, Rista Sitanggang

Baca Juga :  141 Tenaga Kesehatan dan Guru di Pakpak Bharat Terima SK PPPK Formasi 2023

Sebelum melaksanakan penanda tanganan kerja sama, Vandiko Gultom mengajak Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor berkeliling area Balai Benih ikan dan melakukan penanaman pohon aren di di area yang terhampar luas di tempat ini. (MS/KTN)

Bagikan :