Michael Jordan, Atlet dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Masa

Michael Jordan memiliki kekayaan lebih dari Rp22 triliun. (Elsa/Getty Images/AFP)
Bagikan :

OLAH RAGA – Kliktodaynews.com|| Legenda hidup dunia basket, Michael Jordan tercatat sebagai atlet yang memeroleh pendapatan tertinggi sepanjang masa.

Fakta itu terungkap dalam daftar 25 atlet dengan bayaran tertinggi yang disusun Sportico.

Sebagaimana dilansir laman Hypebeast, di peringkat teratas, nama MJ –sapaan akrab Michael Jordan– bertengger dengan total pendapatan mencapai lebih dari 2,62 miliar dollar AS atau sekitar Rp 37,5 triliun.

Mayoritas penghasilan Jordan didapat dari royalti yang dibayarkan merek peralatan olahraga Nike kepada dirinya usai gantung sepatu dari dunia basket pada 2003.

Tercatat, nilai royalti tersebut berada di angka 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,3 triliun.

Di bawah legenda Chicago Bulls itu, terdapat nama pegolf Amerika Tiger Woods. Ia membukukan total pendapatan sebesar 2,1 miliar dollar AS (lebih kurang Rp 30 triliun).

Selain Tiger Woods, rekannya sesama pegolf juga masuk dalam daftar, seperti Jack Nicklaus, Arnold Palmer, dan Phil Mickelson.

Ini menunjukkan, selain sepak bola dan basket, golf juga menjadi olahraga yang menguntungkan.

Baca Juga :  Young Boys vs Villarreal: Prediksi Skor, Line Up & Jadwal Tayang

Ketiga pegolf selain Woods bersama tiga pesepakbola profesional seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan David Beckham masuk posisi 12 besar dengan torehan pendapatan masing-masing di atas 1 miliar dollar AS.

Sementara itu, Kobe Bryant berada di urutan ke-13 dengan pendapatan sebesar 930 juta dollar AS atau sekitar Rp 13,3 triliun.

Penjualan startup minuman berenergi BodyArmor ke Coca-Cola baru-baru ini dikabarkan akan menambah pundi-pundi Bryant sebesar 400 juta dollar AS.

Pasalnya, legenda LA Lakers itu memiliki 10 persen saham di BodyArmor usai ia berinvestasi di 2014 dan menempati posisi dewan direksi perusahaan.

Namun dalam daftar yang dirilis Sportico, hanya pendapatan Bryant semasa hidupnya saja yang dihitung.

Bintang NBA lain yang tercatat berada di 25 besar adalah Shaquille O’ Neal dan Kevin Durant.

Tidak ada satu pun atlet wanita profesional yang berhasil masuk dalam daftar 25 atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang masa.

Petenis profesional Serena Williams hanya duduk di luar 40 besar, dengan torehan pendapatan 480 juta dollar AS atau lebih kurang Rp 6,8 triliun.

Baca Juga :  Barcelona Kalah, Para Supporter Rusuh

Sumber : kompas.com

Bagikan :