Liverpool Gempur Tottenham Hotspur 4-2, Untuk Pastikan Perburuan Gelar Juara

Bagikan :

Inggris-Kliktodaynews.com|| Liverpool berusaha menjaga harapan tipis mereka untuk meraih gelar juara Liga Primer tetap menyala dengan kemenangan meyakinkan 4-2 atas tim yang berada di empat besar, Tottenham Hotspur, Sabtu (05/05) di Anfield Stadium.

Pertandingan seolah-olah akan berakhir imbang ketika tendangan dari Mohamed Salah, Andrew Robertson, Cody Gakpo, dan Harvey Elliott masuk ke dalam gawang lawan di babak pertama, di mana Spurs tampil sangat mengecewakan.

Namun, setelah ancaman untuk membalikkan keadaan di menit-menit akhir dalam kekalahan derbi London Utara atas Arsenal, Spurs sedikit terlambat untuk bangkit dan memangkas ketertinggalan menjadi dua gol lewat Son Heung-min dan Richarlison, namun sekali lagi, usaha mereka sangat telat.

Dilansir dari Sportsmole, Meskipun the Reds yang berada di peringkat tiga masih memiliki kesempatan untuk finis di peringkat pertama, mereka sepertinya baru saja menunda hal yang tidak dapat dihindari, saat Arsenal atau Manchester City hanya perlu memenangkan satu pertandingan lagi di antara keduanya untuk secara resmi menyingkirkan anak asuh Jurgen Klopp dari perebutan gelar juara.

Sementara itu, kegagalan Tottenham untuk memanfaatkan kekalahan Aston Villa atas Brighton&Hove Albion membuat mereka tertinggal tujuh poin di bawah the Lions di peringkat lima dengan satu pertandingan tersisa, menyebabkan Ange Postecoglou harus merenungi kekalahan keempat secara beruntun saat harapan mereka di Liga Champion semakin menghilang.

Mohamed Salah kembali tampil gemilang di babak pertama yang dominan. Baik Klopp dan Postecoglou memilih untuk melakukan perubahan pemain dari kekecewaan mereka sebelumnya, dan sang pelatih benar-benar memaafkan Salah setelah perselisihannya dengan pemain asal Mesir itu, dengan memasukkan sang penyerang ke dalam tim inti.

Sebaliknya, Postecoglou menyimpan James Maddison sebagai cadangan dan memilih untuk memainkan Rodrigo Bentancur dalam formasi 4-3-3 yang konservatif, sebuah langkah yang awalnya terlihat membuahkan hasil saat Spurs tampil lebih baik di lima menit awal.

Namun, Liverpool membalikkan keadaan dalam sekejap dan mengejutkan Guglielmo Vicario di menit ke delapan, ketika tendangan trivela Salah membentur mistar gawang sebelum Spurs berhasil selamat dari sebuah episode adu pinalti di kotak penalti.

Dua momen lain berlalu sebelum Vicario dengan gemilang menggagalkan tendangan Salah dan kemudian melihat Cristian Romero yang berada di posisi yang tepat untuk menghentikan bola rebound yang mengarah ke gawang dari Elliott, namun sepertinya hanya masalah waktu saja sebelum tekanan the Reds membuahkan hasil.

Benar saja, tuan rumah mendapatkan gol pembuka di menit ke-16, ketika Mohamed Salah yang tidak mampu dijaga oleh Emerson Royal yang menguasai bola, berlari ke arah belakang untuk menyambut kiriman Gakpo dan melepaskan sundulan yang membentur ujung jari Vicario.

Dalam hal serangan balasan Tottenham, sama sekali tidak ada, saat Liverpool yang merajalela terus memborbardir gawang Vicario dengan sejumlah tembakan beberapa melenceng, beberapa berhasil diselamatkan, dan beberapa lainnya diblok namun gol penyelamat datang di menit-menit akhir babak pertama.

Salah secara mengejutkan kembali beraksi, memaksa Vicario melakukan penyelamatan setelah Robertson digantikan, namun bek kiri asal Skotlandia tersebut mampu menyambar bola rebound dari jarak jauh.

The Reds sebenarnya dapat dan mungkin seharusnya dapat mencetak lebih banyak gol di babak pertama, saat pasangan Tottenham, Emerson dan Romero – yang terakhir memainkan peran sebagai pemain onside untuk kedua gol – terlibat dalam pertengkaran verbal saat kedua tim bermain dengan keras, yang memaksa Vicario untuk menenangkan pemain asal Argentina tersebut.

Mimpi buruk Emerson dan Romero berlanjut hanya lima menit setelah babak kedua dimulai, saat Emerson tertangkap basah melakukan kesalahan kecil di dekat gawangnya sendiri dan bola berhasil disambar oleh Elliott, yang memberikan umpan silang kepada Gakpo untuk disundul ke dalam gawang tanpa banyak tantangan dari Romero.

Meskipun begitu, pasukan Klopp tidak dalam mode permainan yang ramah, dan peluang terbaik datang dari Elliott di menit ke-90, saat Salah memberi umpan kepada pemain internasional Inggris U-21 yang sedang naik daun, yang melaju ke tengah lapangan dan melepaskan tendangan melengkung fenomenal dari jarak 20 meter ke pojok atas gawang.

Klopp hampir saja tidak bisa mengukir senyum yang lebih besar di wajahnya saat tendangan keras Elliott masuk, dan tendangan pemain berusia 20 tahun itu juga menjadi momen bersejarah bagi Salah, yang menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Primer yang mencetak sedikitnya 10 gol dan memberi assist setidaknya 10 assist dalam tiga musim beruntun.

Pemain asal Jerman itu menunjukkan ekspresi tanpa emosi ketika Spurs membalas satu gol di menit ke-73, saat Richarlison mendapati dirinya berada di ruang yang luas di dalam kotak penalti untuk dengan cekatan menyelesaikan umpan Johnson.

Setidaknya, gol dari sang pemain asal Brazil tersebut memberikan hiburan bagi para pendukung Spurs yang murung dan melanjutkan penantian Liverpool untuk mendapatkan clean sheet, namun harapan untuk membalikkan keadaan menjadi semakin besar di menit ke-77, saat pergerakan yang apik membuat Son mencetak gol dengan tenang ke pojok bawah gawang setelah mendapat umpan dari Richarlison.

Gol sang kapten Tottenham membuatnya mencatatkan gol kelima dalam lima pertandingan Liga Primer secara beruntun melawan Liverpool, mengulangi pencapaian yang sebelumnya hanya diraih oleh Jamie Vardy, dan sang pemain pengganti Richarlison hampir saja mencetak gol ketiga yang sulit dipercaya pada menit ke-88, namun Joe Gomez melakukan aksi akrobatik yang luar biasa untuk melepaskan umpan silang dari Johnson.

Gol kedua untuk Salah dianulir pada waktu tambahan karena offside, tetapi tidak ada yang bisa menghentikan kemenangan the Reds dalam pertandingan kandang terakhir Klopp sebagai pelatih; pertandingan tandang terakhirnya sebagai pelatih Liverpool akan berlangsung di markas Aston Villa pada 13 Mei yang akan datang. (Wtg)

Bagikan :