Bayer Leverkusen Lolos ke Final Liga Eropa dengan Hasil Imbang yang Pecahkan Rekor

Bagikan :

Jerman – Kliknewstoday.com|| Bayer Leverkusen kembali menghasilkan sebuah perubahan di menit-menit akhir yang luar biasa untuk bermain imbang 2-2 dengan Roma di leg kedua semi-final Liga Eropa dan melaju ke pertandingan puncak dengan kemenangan agregat 4-2.

Dilansir dari Sportsmole, dengan keunggulan 2-0 dari laga pembuka di Roma, sang juara Bundesliga hampir saja membuang mimpi mereka untuk meraih gelar juara Eropa dan treble, ketika sepasang penalti Leandro Paredes di babak pertama membuat tim asuhan Daniele De Rossi menyamakan kedudukan secara agregat.

Namun, sebuah gol bunuh diri yang menghancurkan dari Gianluca Mancini dan gol di menit-menit akhir dari Josip Stanisic memastikan bahwa pasukan Xabi Alonso akan berhadapan dengan Atalanta BC di partai final tahun ini di Dublin pada tanggal 22 Mei, dan juga memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka yang fenomenal.

Sekarang tanpa kekalahan dalam 49 pertandingan, rangkaian tak terkalahkan Leverkusen merupakan yang terpanjang di Eropa sejak diperkenalkannya kompetisi klub UEFA pada tahun 1955, melampaui rekor 48 pertandingan beruntun milik Benfica dari tahun 1963 hingga 1965 yang telah mereka samai.

Selain itu, fantasi treble masih tetap hidup bagi sang juara bertahan Jerman dan finalis DFB-Pokal, sedangkan Roma mengalami kegagalan di Liga Eropa setelah gagal di final tahun lalu saat menghadapi Sevilla.

Berita utama tim dari kedua kubu adalah tidak diikutsertakannya dua penyerang bintang ke dalam starting XI, saat Florian Wirtz dan Paulo Dybala tidak dipanggil oleh pelatih masing-masing Amine Adli dan Jonas Hofmann justru mendukung Adam Hlozek di lini serang tuan rumah.

Sementara itu, Sardar Azmoun dan Romelu Lukaku menjadi starter di lini depan untuk Roma, yang berusaha untuk kembali ke pertandingan ini dengan cara yang kurang baik, saat Leverkusen menguasai pertandingan leg kedua sejak awal pertandingan.

Sejumlah peluang didapat oleh Exequiel Palacios dan Lorenzo Pellegrini di kedua ujung lapangan sebelum emosi memanas, saat bek Roma Leonardo Spinazzola terjatuh ke lapangan dalam keadaan terluka, namun Jeremie Frimpong terus menyerang dari sisi kanan yang eksplosif.

Pertengkaran hebat terjadi di antara kedua pemain, namun satu-satunya pemain yang harus meninggalkan lapangan adalah Spinazzola yang cedera, digantikan oleh Nicola Zalewski saat laga baru berjalan 21 menit.

Pertengkaran tersebut lebih menyulut api di dalam kubu Leverkusen dibandingkan dengan Roma, yang sangat beruntung untuk tidak tertinggal 3-0 secara agregat di menit ke-29, saat tendangan first-time Palacios membentur tiang gawang dan membentur punggung Mile Svilar.

Namun, Svilar bersyukur melihat bola bergulir melintasi kotak penalti dan bukannya masuk ke dalam gawangnya yang terbuka, dan Evan Ndicka bereaksi dengan cepat untuk menghalau bola.

Tekanan tuan rumah tak henti-hentinya, dan Roma harus berterima kasih kepada Svilar yang membuat mereka tetap bertahan di menit ke-39, pemain internasional Serbia melakukan penyelamatan gemilang dari Adli dan Hlozek setelah pergerakan yang baik dari Leverkusen di sisi kiri.

Namun, di tengah dominasi sang juara Jerman, satu momen kecerobohan memberikan Roma keunggulan yang sangat berharga di menit ke-43, saat Jonathan Tah menarik Azmoun di dalam kotak penalti ketika sang pemain asal Iran itu berusaha menyambut umpan silang.

Wasit Danny Makkelie tidak ragu untuk menunjuk titik putih, dan saat Matej Kovar melakukan diving ke sisi kanannya, Paredes dengan percaya diri mengeksekusi tendangan penalti ke tengah gawang untuk membawa tim tamu unggul dan memangkas defisit agregat menjadi dua.

Keunggulan Roma yang tidak wajar meningkatkan ketegangan di BayArena, namun Leverkusen melanjutkan permainan di awal 45 menit kedua, namun pasukan Alonso kehilangan sentuhan mematikan di sepertiga akhir.

Die Werkself juga gagal memanfaatkan beberapa serangan balik, dan mereka memberi Roma tiket emas kedua malam itu di menit ke-64, ketika Hlozek menggunakan tangannya untuk melindungi wajahnya dari umpan silang, namun justru kebobolan penalti kedua di laga ini setelah tayangan ulang.

Paredes yang tidak terpengaruh kembali maju dan memilih sudut kanan bawah saat Kovar melakukan diving ke arah kirinya, secara ajaib menyamakan kedudukan bagi Roma secara agregat dan membuat rekor tak terkalahkan Leverkusen yang luar biasa berada di bawah ancaman besar.

Pasukan Alonso sudah tidak asing lagi dengan gol-gol di menit-menit akhir yang mengejutkan musim ini, namun peluang emas lainnya melayang di menit ke-73, tendangan Tah yang salah dari jarak jauh berubah menjadi umpan matang untuk Adli, namun tendangannya masih melebar dan Svilar berhasil ditepis.

Namun, setelah tuan rumah menjadi musuh terburuk mereka sendiri di dalam kotak penalti mereka sendiri, sebuah malapetaka Roma membuat Leverkusen kembali mengendalikan pertandingan di menit ke-82, saat Svilar datang untuk melakukan tendangan sudut namun gagal, dan bola mengenai bahu Mancini yang tidak waspada dan masuk ke pojok bawah gawang.

Protes Roma atas pelanggaran yang dilakukan Svilar tidak digubris, sang penjaga gawang sebenarnya telah menabrak pemain lawannya, Chris Smalling dan perlawanan terakhir Leverkusen hampir saja terjadi di menit ke-89, namun Frimpong tidak mampu menaklukkan Svilar dari sudut sempit setelah berlari hampir di seluruh area pertahanan Giallorossi.

Kekalahan satu gol masih cukup bagi Leverkusen untuk melaju, namun dalam tujuh menit tambahan waktu, Granit Xhaka memberikan umpan kepada Stanisic di sisi kiri lapangan, dan sang pemain bertahan melakukan tusukan ke dalam dengan kaki kanannya sebelum melepaskan tembakan mendatar ke pojok bawah gawang untuk mencatatkan nama Leverkusen ke dalam sejarah. (Wtg)

Bagikan :