Reses di 8 Daerah Pemilihan, Thomas Dachi Serap Aspirasi Masyarakat

reses anggota  Dewan perwakilan rakyat daerah ( DPRD( propinsi sumatra utara  Tomas Dachi ,SH, bersama rombongan
reses anggota  Dewan perwakilan rakyat daerah ( DPRD( propinsi sumatra utara  Tomas Dachi ,SH, bersama rombongan
Bagikan :

Nias Selatan – Kliktodaynews.com Pelaksanaan reses anggota  Dewan perwakilan rakyat daerah ( DPRD( propinsi sumatra utara  Thomas Dachi ,SH, bersama rombongan  dalam hal mendengar , menyerap Aspirasi masyarakat melalui reses yang dilaksanakan dari tanggal 21/02 sampai dengan tanggal 28/02 2021 di beberapa desa di wilayah  daerah pemilihan ( dapem) 8  meliputi Kabupaten Nias Selatan ,  Nias, Nias utara,  Nias barat, kabupaten Nias Gunung sitoli.

           Dalam pelaksanaan  reses di hari ketiga dipusatkan di DESA wisata BAWOMATALUO  kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan Sumatera utara pada hari Rabu tanggal 24/02/2021, dihadiri oleh kades Bawomataluo Teruna Wau, dan aparat desa, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh Wanita ,unsur BPD,  pemuda , undangan, dan masyarakat  umum lainnya .

             Adapun  beberapa rangkaian acara saat penyambutan  anggota DPRD propinsi sumatra utara dari Komisi A bidang Pemerintahan ini ,terlebih dahulu nyanyi dan doa yang dipimpin oleh Pdt Tiruni Hondrò, S,Th  , dan dilanjutkan pemberian pakaian rompi baju adat khas Nias sebagaimana dilakukan kepada tamu terhormat. 

  Apresiasi masyarakat setempat sangat antusias dalam melaksanakan penyambutan tamu kehormatan dengan penuh kegembiraan dan semangat dari awal pelaksanaan reses hingga  berakhirnya acara.

Baca Juga :  Wifi Gratis, Polres Nias Fasilitasi Ruangan Belajar


             Mewakili Pemerintahan desa Bawomataluo  Teruna Wau mengatakan syukur puji Tuhan dimana reses anggota DPRD  Propinsi ini dapat dilaksanakan didesa yang kita cintai ini, namun perlu kami jelaskan bahwa di desa Wisata Bawomataluo ini khususnya rumah adat  peninggalan nenek moyang andalan sumatra ini, sudah mulai memprihatinkan dimana kondisi bangunannya yang mulai rusak. 

  Teruna menambahkan melalui reses ini, kiranya pemerintah pusat , provinsi, daerah dapat membuat Masterplan rumah adat ini, terlebih untuk  merehab oleh karena keadaannya  yang betul betul memprihatinkan, begitu juga revitalisasi rumah adat tradisional lainnya untuk dapat menjadi skalaprioritas , meskipun begitu,  mewakili masyarakat memiliki harapan yang nantinya bisa ditindak lanjuti oleh DPRD  propinsi Sumatera utara .( harapnya).

   Melalui interaksi berbagai usulan baik dari tokoh masyarakat maupun dari masyakat lainnya  mengusulkan pembangunan jalan  dari desa Bawomataluo menuju Kantur bupati Nias Selatan  demi peningkatan ekonomi masyarakat,  pembangunan bronjong dibeberapa titik jalan propinsi dari kota teluk dalam menuju desa Wisata Bawomataluo yang rusak amblas oleh karena keadaan tanahnya labil , akibatnya para pengguna jalan terganggu terlebih bagi turis mancanegara maupun domestik yang mengunjungi objek wisata desa Bawomataluo ini.
Baca Juga :  Masjid Jami di Desa Humane, Terima Hewan Qurban dari Pemko Gunungsitoli


  Sementara itu, Thomas Dachi pada kesempatan itu mengatakan, dirinya sudah tiga kali reses di daerah pemilihan  ( dapem) 8, dengan Tujuan dari reses ini pastinya menyerap aspirasi masyarakat, ujarnya. 

  Terkait permintaan warga melalui  kades  bahwa perlu dibuat Masterplan rumah adat destinasi pariwisata desa Bawomataluo ini, sudah masuk ke dalam pokok pikiran (Pokir) dan  dimasukkan ke PAPBD tahun 2021. Mari kita doakan bersama, agar perjuangan kita dapat dikabulkan, ungkapnya. 

  Selain itu ditengah pandemi ini, Tomas juga mengimbau warga untuk tetap melaksanakan protokoler kesehatan (Prokes) dari pemerintah, tujuannya dengan disiplin mengikuti Prokes yakni memakai masker , mencuci tangan,  menjaga kesehatan kita bisa terhindar dari virus Covid-19 ini, imbuhnya. 

  Pada sesi penyampaian aspirasi, masyarakat tampak antusias. Berbagai harapan Yang disampaikan mulai dari pembangunan jalan ekonomi masyarakat,  dan berbagai hal yang dinilai dapat mengangkat roda perekonomian masyarakat. Semua aspirasi masyarakat yang terserap melalui reses ini  akan dijadikan pokok pikiran selanjutnya ditindaklanjuti  ke DPRD propinsi sumatra utara. (TM/KTN)

Bagikan :