Bupati Nias Selatan Harapkan Dana Desa Tepat Sasaran dan Produktif

Bagikan :

NIAS SELATAN – Kliktodaynews.com Bupati Nias Selatan mengharapkan penggunaan dana desa harus tepat sasaran, produktif dan tidak konsumtif sehingga bermanfaat bagi peningkatan kehidupan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., pada saat bimbingan teknis pembinaan dan pengawasan urusan pemerintahan desa tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten Nias Selatan, di Aula .Katolik St. Andreas Pulau Tello, Kamis (01/04/2021).

“Saya harapkan kepada seluruh aparatur desa harus mampu mengelola dana desa dengan baik, efektif, efisien, transparan dan akuntabel sehingga dampaknya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat untuk mengurangi garis kemiskinan,” harap Hilarius Duha.

Ketua Panitia, Atulo’o Baene,SH., selaku Plt. Irban V, menjelaskan bimbingan teknis pembinaan dan pengawasan urusan pemerintahan desa dilaksanakan untuk memberikan penguatan dan peningkatan kapasitas aparatur desa guna menghindari terjadinya penyalahgunaan dana desa dan alokasi dana desa.

Materi bimbingan teknis yang dipaparkan narasumber sangat direspon oleh para peserta. Adapun narasumbernya, Kapolres Nias Selatan diwakili Kapolsek Pulau Tello, AKP. Marojak Sihaloho, menyampaikan materi tentang penanganan pengaduan masyarakat atas keuangan desa.

Baca Juga :  Gubsu Lantik Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan


Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Satria Dharma Putra Zebua,SH., menyampaikan materi tentang penguatan kerjasama pencegahan korupsi pengelolaan keuangan desa. Dan Irban I, Yulianus Tohu,S.Pd.,M.I.P., menyampaikan materi tentang pengawasan pengelolaan keuangan desa.

Peserta bimbingan teknis diantaranya, Camat, Kepala Seksi PMDK, Kepala Desa dan Kepala Urusan Keuangan dari tujuh kecamatan yang ada di Pulau-Pulau Batu. Kegiatan tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Bahkan peserta merasa senang Bimtek itu dilaksanakan di Pulau Tello karena dapat menghemat biaya.(TM/KTN)

Bagikan :