Training of Trainers Human Rights and Election Reporting Aliansi Jurnalis Independen (AJI) – Internews – Kedutaan Belanda

Bagikan :

Kliktodaynews Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Internews, dengan dukungan Kedutaan Belanda, membuka pendaftaran bagi jurnalis Indonesia untuk mengikuti program Pelatihan untuk Pelatih soal Liputan Hak Asasi Manusia dan Pemilihan Umum (Training of Trainers on Human Rights and Election Reporting). Melalui pelatihan ini, sebanyak 10 orang jurnalis yang terpilih berdasarkan seleksi akan mengikuti pelatihan intensif selama tiga hari. Topik utama dalam pelatihan ini meliputi (1) bagaimana menjadi pelatih, (2) memahami topik-topik penting soal hak asasi manusia, dan (3) memahami tahapan penting dalam pemilihan umum legislatif dan presiden. Para peserta pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pelatih dalam workshop di empat kota soal hak asasi manusia dan pemilihan umum.

Apa pentingnya training ini?

Pelatihan ini akan memberikan peserta keterampilan untuk menjadi pelatih, mendalami materi-materi soal konsep hak asasi manusia, dan tahapan-tahapan krusial dalam pemilihan umum yang penting untuk menjadi perhatian wartawan.

Di mana dan kapan kegiatan akan diselenggarakan?

Hari dan Tanggal : 1-3 Maret 2019

Baca Juga :  Pertamina Turunkan Harga BBM, Berikut Harganya


Lokasi : Jakarta (akan segera dikonfirmasi)

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Jurnalis senior dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 10 tahun. Program ini akan diberikan kepada 10 jurnalis terpilih, dengan komposisi 5 peserta akan berasal dari Jakarta, 5 dari luar Jakarta.

Bagaimana cara menjadi peserta kegiatan ini?

Untuk dapat menjadi peserta, silakan mengisi dan mengirimkan formulir dalam form ini: http://bit.ly/TOT_HR-Election. Pendaftaran ditunggu paling lambat 22 Februari 2019 pukul 12.00 WIB. Setelah terpilih, peserta akan diminta untuk mengirimkan CV (riwayat hidup) terbaru.

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Pemilihan peserta TOT dilihat dari pengalamannya sebagai jurnalis, integritasnya dan medianya, karya jurnalistiknya. Selain itu juga akan dipertimbangkan soal kesanggupannya mengikuti pelatihan, kemampuannya menjadi pelatih dan mentor dalam workshop yang akan diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan ini. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peserta pelatihan untuk pelatih (ToT) ini melalui email.

Apa saja yang dibiayai?
Baca Juga :  Disiplin Cegah Penularan Covid-19, Kondisi Indonesia Diprediksi Normal Bulan Agustus 2020


Panitia akan menanggung biaya peserta selama pelatihan ini, mulai dari akomodasi, konsumsi, serta transportasi dari kota asal ke tempat pelatihan (pulang-pergi).

Perlu informasi lebih jelas?

Jika memerlukan informasi lebih lanjut soal kegiatan, topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com dengan subjek: TOT HAM dan Pemilu. Atau menghubungi Sdri. Febrina Galuh 0818-0421-7279 dan Putri Tirtasari: 0823-2323-8462.

Bagikan :