Pencak Silat Beladiri Asli Bangsa Indonesia Mari Kita Pertahankan

Bagikan :

Siantar-Kliktodaynews. Com

Pencak silat adalah beladiri asli Bangsa Indonesia. Beladiri ini turut dipakai untuk Melawan penjajahan belanda dan jepang oleh rakyat Indonesia pada masa itu.

Makanya tidak jarang masa itu beladiri ini berbasiskan tenaga dalam umumnya. Karena si gunakan untuk Melawan penjajah.

Namun, Seiring perkembangan beladiri ini menuju professionalisme dimata Internasional, sejak berdirinya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Persatuan silat antar Bangsa (Persilat) silat Indonesia ini menciptakan segala peraturan agar masuk menjadi kategori olahraga dunia dan dapat diperlombakan oleh semua negara dunia.

Disiantar – simalungun penggiat beladiri ini salah satunya adalah Rudi Samosir Salah satu anggota Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate dibawah kepemimpinan Muhammad Topik dan berpusat di Madiun ini. Sejak 2009 kembali menggalakkan beladiri pencak silat PSHT di Siantar-Simalungun.

Saat ini dia menjabat sebagai Sekretaris PSHT Kabupaten Simalungun dengan ketua Muhammad Rijal Panjaitan.

Dia awalnya memulai latihan di Sekolah Yapim Perdagangan sembari menjadi guru di sekolah tersebut. Kemudian ia mengembangkan sampai ke Yayasan Pendidikan Dr Cipto mangunkusumo, SMK Al-wasliyah, security PTPN hingga security perusahaan awasta.

Baca Juga :  Disekap 40 Hari Oleh Perompak Nigeria, 3 Orang ABK Pencari Ikan WNI Berhasil Dibebaskan

Selain itu, ia juga pelatih khusus atlet Pencak Silat dengan sertifikasi nasional yang baru di dapatkannya tahun 2021 ini.

Saat ini ia berhasil mendirikan sebuah club pencak silat khusus atlit umum dan PSHT di Gedung Balai Karya Murni Perdagangan dan Sekolah MTs Khairotul Jalan Melanton Siregar Kota Pematangsiantar.

“pencak silat sudah menjadi darah daging saya, beladiri ini bukan untuk menjadi jagoan dijalanan melainkan untuk menjadi pendekar serta prestasi di atas matras pertandingan Daerah, Nasional dan Internasional”,katanya.

Saya mengajak seluruh putra putri Bangsa Mari berprestasi, dengan prestasi kita hebat dan dengan prestasi Cita Cita kita di depan mata. Tambahnya.

Silahkan datang untuk bergabung di Perdagangan Selasa dan Kamis untuk disiantar Rabu dan Jumat. Tutupnya.

Beladiri ini mengalami dilema baru baru ini terkait Asean Games 2022 di guanzou China yang diduga panitia tidak mmasukkan beladiri ini ke dalam kategori tanding Asean Games. Yang hingga kita sebabkan penggiat pencak. Silat Indonesia dan Persilat dunia sedang berjuang agar beladiri tersebut dimasukkan.

Baca Juga :  AJI Medan Tuntut Polres Simalungun Ungkap Pembunuhan Jurnalis Mara Salem Harahap

Reporter : Bangun

 

 

Bagikan :