Pemko Surakarta Menerima Rombongan Visitasi PKN II Angkatan IX BPSDM Sumatera Utara

Bagikan :

NASIONAL – Kliktodaynews.com|| Pemerintah Kota Surakarta menerima kunjugan rombongan Tim Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) Angkatan IX BPSDM Sumatera Utara di ruang pertemuan Dinas Perdagangan Kota Surakarta hari Selasa 23 Mei 2023. Selaku pimpinan rombongan dari BPSDM Sumatera utara dipimpin oleh Ibu Herawati selaku Widya Iswara Utama di dampingi Bapak Khairulsyah Selaku Widya Iswara Pendamping dan Penjamin Mutu Lembaga Administrasi Negara ibu Arfa.

Dalam kunjungan tersebut, Walikota Surakarta diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Surakarta Dwi Aryatno didampingi oleh kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi sebagai lokus kegiatan kunjungan visitasi.

Dalam Laporan pelaksanaan, ibu herawati menyampaikan ucapan terima kasih telah diterima dengan baik dan hangat oleh Pemerintah Kota Surakarta. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan hari ini adalah bahagian dari rangkaian pelatihan kepemimpinan nasional (PKN II) yaitu Visitasi Kepemimpinan Nasional dan bahagian dari belajar serta mengidentifikasi masalah yang ada, terutama pada sektor perdagangan. “kunjungan ini adalah bahagian dari rangkaian PKN II yaitu Visitasi Kepemimpinan Nasional. Selain itu, banyak keberhasilan yang harus dipelajari dari Kota Surakarta terutama cara mengidentifikasi masalah untuk mencapai tujuan”.

Kemudian, Wali kota Surakarta yang di wakili oleh Kepala BKPSDM Dwi Aryatno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSDM Sumatera Utara yang telah memilih Kota Surakarta sebagai lokus visitasi kepemimpinan nasional dan berharap seluruh peserta dapat menikmati Kota Surakarta yang terkenal dengan budaya dan identitas daerahnya. “kami ucapkan terima kasih atas penunjukan Kota Surakarta sebagai lokus visitasi kepmimpinan nasional PKN II angkatan IX, dan semua organisasi perangkat daerah Kota Surakarta siap mendukung kegiatan ini, serta silahkan menikmati kota Surakarta yang terkenal dengan identitas budayanya”.

Selain itu, walikota juga menyampaikan bahwa perubahan mindset seluruh asn adalah sebuah keharusan karena hakekatnya aparatur sipil negara adalah pelayanan. Kemudian arah kebijakan yang disusun pada saat ini bukan lagi berorientasi terhadap output tetapi harus sampai outcome. “saat ini pelayanan tidak hanya berorientasi pada output tetapi juga sampai kepada outcome, agar dapat lebih bermanfaat bagi seluruh masyarakat”.

Dalam rangkaian pertemuan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Bapak Heru Sunardi memaparkan kondisi eksisting perdagangan Kota Surakarta dan keberhasilan Kota Surakarta dalam mengelola pasar yang ada di Kota Surakarta. Ada beberapa kunci sukses yang dilakukan oleh Pemkot Surakarta dalam sektor perdagangan yaitu: digitalisasi, perubahan mindset pedagang dan penguatan identitas pasar Kota Surakarta yang bukan hanya sebgai pasar tetapi juga sebagai lokasi pariwisata. “keberhasilan pemkot Surakarta dalam pengelolaan pasar tidak terlepas dari beberapa hal, antara lain digitalisasi, perubahan mindset pedagang dan penguatan pasar tidak hanya sebagai pasar tetapi juga sebagai lokasi wisata yang membanggakan”.

Pada kesempatan itu juga dilakukan sesi tanya jawab antara peserta visitasi kepemimpinan nasional dan dinas perdagangan Kota Surakarta tentang berbagi strategi dan lesson learn yang bisa di adopsi dan di aplikasikan di daeerahnya masing-masing. “pertemuan kita hari ini, diharapkan bisa ssaling bertukar pengalaman, apa yang menjadi hal positif dan bisa dikembangkan di daerah kita masing-masing silahkan di adopsi, mana yang dirasa kurang layak, silahkan dijadikan pengalaman dan tambahan literasi”. Tukas Kadis perdagangan sembari menutup pertemuan. (FFD).

Bagikan :