Mendagri Hunjuk Inspektur Wilayah III Jabat Pelaksana Bupati Tapteng Gantikan Yetty Sembiring

Bagikan :

Tapanuli Tengah – Kliktodaynews.Com|| Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) akhirnya evaluasi Pj Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Provinsi Sumatera Utara, Yetty Sembiring dan menghunjuk Kepala Inspektur Wilayah III, Dr.Elfin Iliyas sebagai Pejabat Bupati Tapteng, demikian informasi yang diterima Kliktodaynews.Com pada Jumat (12/11/2022) di Kemendagri.

Pencopotan Yetty Sembiring dari Pj Bupati Tapteng konon kabarnya atas desakan dari masyarakat Kabupaten Tapteng, padahal Yetty Sembiring yang dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi sekitar 24 Mei 2022 lalu dikantor Gubernuran Sumatera Utara atas penghunjukan Kemendagri.

Meski terbilang baru, perempuan yang pernah menjabat sebagai Ajudan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, pencopotan itu dinilai atas ketidak mampuan Yetty Sembiring menjalankan tugasnya dan dikwatirkan tidak netral pada Pemilu 2024 mendatang, berikut kata sumber di Kemendagri itu menyebutkan agar namanya  tidak ditulis.

“Senin pekan 14 November 2022 Gubernur Sumatera Utara sudah harus melantik Dr.Elfin Iliyas sebagai Pj Bupati Tapteng atas SK Pelantikan yang telah disampaikan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara”, kata sumber itu yakin.

Baca Juga :  Indonesia Kembali Kedatangan 15,3 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac dan AstraZeneca

“ Elfin Elyas adalah salah satu pejabat Eselon II di Kemendagri menjabat sebagai Inspektur Wilayah III,” ungkap seorang pejabat di Kementerian Dalam Negeri itu”.

Sosok yang dimaksud adalah Elfin Ilyas, saat ini tercatat sebagai pegawai di Kementerian Dalam Negeri. Pria bernama lengkap Dr Elfin Ilyas Nainggolan MSi CRGP CGCAE CFrA, masih menjabat Inspektur III Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Dr. Elfin Elyas Nainggolan, M.Si, CRGP, CGCAE, CFrA, kerap menjadi narasumber dalam kegiatan yang berhubungan dengan Kementerian Dalam Negeri.

Pada tahun 2012 silam, ia tercatat menjabat Kepala Bidang Analis Politik, Hukum dan Keamanan pada Pusat Kajian Kebijakan Strategik Kementerian Dalam Negeri. Ia meraih gelar akademik Strata 3 atau doktor dalam ilmu pemerintahan dari Universitas Padjadjaran di Sumedang, Jawa Barat.

Sumber menjelaskan, “Elfin Elyas dikenal baik sebagai birokrat murni berprestasi yang sangat berpengalaman di pemerintahan. “Beliau itu lulusan STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri), kalau tidak salah angkatan ketiga,” katanya.

Elfin Elyas, lanjut sumber, bertugas pertama kali sebagai seorang pamong di ‘Tanah Rencong’ pada tahun 1995. Tepatnya di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh.

Baca Juga :  Kapolda Sumut Harapkan Polres dan Pemkab Sergai Percepat Vaksinasi Tahap II

“Bayangkan, dari metropolitan ditugaskan ke daerah konflik, ada GAM (Gerakan Aceh Merdeka).Siapa yang berani mengibarkan bendera Merah Putih? Kan risiko mati dibunuh pasukan GAM. Tapi beliau (Elfin Elyas) berani menaikkan Merah Putih selama tujuh tahun di Aceh,” ujarnya.

“Nantinya bila Elfin Iliyas sudah dilantik sebagai Pj Bupati Tapteng, kita yakin beliau akan mampu mensukseskan Pemilu 2024 dengan netral dan akan mampu mengatasi Inflasi yang terjadi sebesar 6,9 % di Kabupaten Tapteng saat ini”, kata pria berkumis tebal itu.

“Elfin Ilayas tidak benar hasil produk usulan oknum tertentu, baik dari Provinsi dan maupun dari daerah.Melainkan beliau dihunjuk Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang dinilai akan mampu menjalankan roda Pemerintahan di Kab Tapteng dengan baik dan profesional”, kata sumber sudah dulu ya saya lagi mengikuti acara pelantikan Gubernur Papua yang baru tutupnya. (HP)

 

Bagikan :