Melesat! Harga Minyak Mentah RI Tembus US$ 113,50/Barel

Foto: Ilustrasi Migas (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Bagikan :

NASIONAL – Kliktodaynews.com|| Harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) Maret 2022 naik US$ 17,78 dari US$ 95,72 per barel menjadi US$ 113,50 per barel. Terganggunya pasokan minyak mentah global seiring terjadinya konflik Rusia-Ukraina mengerek harga minyak mentah di pasar internasional selama Maret 2022.

Penetapan harga rata-rata minyak mentah ini tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 33.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan Maret 2022 tanggal 1 April 2022.

“Harga rata-rata minyak mentah Indonesia untuk bulan Maret 2022 ditetapkan sebesar US$113,50 per barel,” demikian bunyi diktum keempat Kepmen tersebut seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM, Kamis (7/4/2022).

Menurut Executive Summary Tim Harga Minyak Indonesia,beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan harga minyak mentah utama di pasar internasional. Selain terganggunya pasokan minyak mentah global seiring terjadinya konflik Rusia-Ukraina, juga pengenaan sanksi dan kegagalan infrastruktur produksi di negara-negara penghasil minyak mentah.

Potensi pengenaan sanksi negara-negara Barat atas ekspor minyak mentah Rusia berpotensi menambah defisit pasokan minyak mentah global di saat permintaan minyak mentah global mulai mengalami peningkatan.

Baca Juga :  Eks Panglima GAM Klarifikasi Ucapannya Soal Referendum Aceh

Konflik yang terjadi di anggota OPEC+, sabotase di negara-negara Afrika Barat dan perang sipil di Libya menyebabkan berkurangnya produksi dan kegagalan dalam pemenuhan kuota produksi. Selain itu, kegagalan infrastruktur akibat serangan badai juga melumpuhkan fasilitas ekspor di Kazakhstan. (detik/KTN)

 

Bagikan :