Ketua MPR-RI Dukung MTQ Antar Bangsa di Banjarmasin Diikuti 5. Negara

Bagikan :

Banjarmasin – Kliktodaynews.com|| Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI), Bambang Soesatyo mendukung dan mengapresiasi digelarnya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Antar Bangsa ke-14.

MTQ ini diselenggarakan oleh Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Kamis (28/3/2024) sampai Minggu (31/3/2024) di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

MTQ Antar Bangsa ini diikuti peserta dari 5 negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja dan Brunei Darussalam.

“Konsistensi penyelenggaraan MTQ Antar Bangsa patut diapresiasi. Kehadirannya tidak hanya membawa misi mendekatkan Umat Islam dengan Al Qur’an, melainkan juga menjadi stimulan untuk melahirkan generasi Qari dan Hafidz terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa dan memotivasi segenap Muslim lainnya untuk senantiasa meningkatkan kemampuan seni baca Al Qur’an,” ujar Bambang Soesatyo saat menerima silaturahmi Ketua Umum DPP BKPRMI Datuk H Said Aldi Al Idrus SE MM dikediamannya di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

“Event ini juga mampu menjalin persahabatan dan kerjasama antar bangsa di dalam ikatan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Basyariah,” lanjutnya.

Hadir pada kesempatan itu, Bendahara Umum Neneng Anita, Wakil Ketua Sadek Rahman Bahta dan Wakil Sekjen Ari Wibowo.

Baca Juga :  Bocah 10 Tahun yang Hanyut di Sungai Belawan Ditemukan Meninggal Dunia

Menurut Bamsoet sapaan akrab Ketua MPR-RI ini, sejak dahulu Indonesia selalu memiliki Qari yang membanggakan.

Misalnya, Fatwa Hadi yang berhasil menjadi juara 4 cabang Tahfidz 30 Juz dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-26 tingkat internasional di Dubai, Uni Emirat Arab, 2023.

Ada juga Deden Muhammad Makhyaruddin yang berhasil meraih juara satu kategori bergengsi lomba hafalan Quran 30 juz dan tafsirnya pada Musabaqah Tahfiz, Tajwid, dan Tafsir Al-Quran (MTQ) Internasional di Kairo, 2011.

“Penyelenggaraan MTQ, baik di tingkat nasional maupun internasional bukanlah sekadar ajang lomba. Melainkan juga sebagai upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Al Qur’an agar senantiasa dijadikan sebagai pedoman hidup,” imbuh Bamsoet.

Melalui kegiatan MTQ, lanjut Bamsoet, diharapkan juga dapat mendorong semangat dan minat baca masyarakat terhadap Al Qur’an, serta menjadikan umat Islam tidak ada lagi yang buta huruf Al Qur’an.

“Bahkan bisa memahami isi kandungan Al Qur’an secara mendalam sehingga setiap individu mampu membangun kesalehan diri dan kesalehan sosial. Karena MTQ merupakan proses internalisasi nilai-nilai Al Qur’an dan memupuk kecintaan generasi muda terhadap Al Qur’an. Inilah dasar yang menjadi niat DMDI bersama BKPRMI yang konsisten menyelenggarakan MTQ,” ucapnya.

Baca Juga :  Densus 88 Menangkap 4 Terduga Teroris di Bekasi

Sementara itu, Ketum DPP BKPRMI Said Aldi mengucapkan terima kasih atas dukungan dan apresiasi yang diberikan Ketua MPR-RI terhadap pelaksanaan MTQ Antar Bangsa di Kota Banjarmasin.

Said Aldi mengungkapkan, pelaksanaan MTQ Antar Bangsa yang akan diselenggarakan di Kota Banjarmasin ini merupakan kepercayaan Presiden DMDI Tun Seri Setia Ali Rustam kepada DMDI Indonesia dan BKPRMI.

“Terima kasih kepada Presiden DMDI yang telah mempercayakan kota Banjarmasin sebagai tuan rumah MTQ Antar Bangsa DMDI. Semoga amanah ini bisa kami jalankan dengan baik,” kata Said Aldi.

Said Aldi juga mengimbau kepada seluruh pengurus/anggota DMDI dan BKPRMI agar menyukseskan acara ini.

“Insya Allah dalam pelaksanaan MTQ Antar Bangsa ini nantinya juga akan dilaksanakan pelantikan DMDI Kalimantan Selatan yang dipimpin H Ibnu Sina yang juga walikota Banjarmasin,” terang Said Aldi. (**)

Bagikan :