Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Dairi Menggelar Penanaman Cabe dan Kol 

Bagikan :

SITINJO – Kliktodaynews.com || Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Dairi menggelar penanaman Cabe dan Kol di Demplot Kelurahan Panji Dabutar, Kecamatan Sitinjo, Selasa (20/12/2022).

Informasi yang diterima, penanaman 20 ribu cabe dan 25 ribu tanaman kol (kubis). Lahan seluas 4 Hektar disiapkan.

Ketua KTNA Kabupaten Dairi, Johar Sitanggang mengatakan tanam bersama yang dilakukan hari ini adalah sebagai upaya mendukung Perintah mempertahankan Ketahanan pangan.

“Kegiatan kita ini tanam perdana cabe lokal dan kol, kita undang pemerintah dan Kelompok Tani KTNA se-Kabupaten Dairi dan juga KTNA kecamatan, jadi kita lakukan ini untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Dairi dalam menjaga ketahanan pangan”, ucapnya.

Dikatakan, Program KTNA berkelanjutan, di tahun 2023 nanti akan di buat delmplot di setiap kecamatan dan akan dilakukan tanam bersama.

“Tujuan kita adalah untuk menjadi motivasi membangun pertanian tingkat kecamatan dan Desa di kabupaten Dairi”, tambah Johar.

“Kita siap bersinergi dengan Pemerintah demi ketehanan pangan kedepan”, pungkas Johar.

Sementara, Herman Syukur Pasaribu selaku penanggung jawab KTNA kelurahan Panji Daburat menyebut, kelompok KTNA Panji Dabutar telah menyiapkan lahan untuk cabe dan kol seluas empat hektar.

“Itulah program KTNA kelurahan panjidabutar, Misi kami adalah untuk mengembangkan pertanian”, ucapnya.

Dijelaskan, penanam perdana ini ada sebanyak 20 ribu tanaman cabe dan 25 ribu tanaman kol.

 

“Tahap awal mungkin target kita 47 ribu tanaman cabe, mudah – mudahan berhasil sehingga tahun 2023 kita bisa targetkan 70 ribu Samapi 100 ribu batang tanaman cabe”, jelas Herman.

Herman pun berharap, semoga kelompok KTNA akan berkembang meluas lagi ke daerah lain di Dairi.

 

“Saat ini anggota KTNA kelurahan Panji Dabutar sebanyak 25 orang, bagi yang ingin bergabung silahkan. Satu kelompok maksimal 30 orang dan kalau banyak nanti yang mau bergabung kita bisa bentuk kelompok lagi”, pungkasnya.

Tanam perdana cabe di Demplot KTNA di rangkai dengan pembentukan KTNA kelurahan Panji Dabutar periode 2022 – 2027.

 

Turut hadir dalam kegiatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Dairi, Lurah Panji Dabutar, PPL, Pengurus dan anggota KTNA.

Masyarakat diajak untuk bergabung ke KTNA.

 

Dikutip dari berbagai Sumber

Editor: ARI/KTN

Bagikan :