Bupati Way Kanan Hadiri Uji Pengaliran Saluran Irigasi Primer dan Skunder di Kampung Bumi Rejo

Bagikan :

WAY KANAN – Kliktodaynews.com|| Bupati kabupaten Way Kanan H.Raden Adipati Surya, SH. MM menghadiri acara Pelaksanaan Running Test (Uji Pengaliran) Pekerjaan Peningkatan Daerah Irigasi Way Umpu Saluran Primer dan Sekunder di Kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu, Selasa, (5/10/2021).

Sambutan tertulis Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menyampaikan, “Seperti kita ketahui bersama bahwa sektor pertanian merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Way Kanan, dan mempunyai peranan strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Dengan dukungan potensi sumber daya alam yang memadai maka hampir 80% penduduk Way Kanan bermata pencaharian di sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan.

Dari berbagai sektor tersebut bidang tanaman pangan menjadi andalan dalam pelaksanaan pembangunan pertanian di Kabupaten Way Kanan dengan potensi luas sawah sebesar 20.465,61 Ha.

Di Kabupaten Way Kanan juga memiliki potensi lahan kering yang ditanami untuk komoditas jagung, ubi kayu, dan hortikultura seperti sayuran dan buah-buhanan. Berbagai komoditas dapat dikembangkan baik komoditas tanaman pangan yang merupakan komoditas strategis ketahanan pangan maupun komoditas hortikultura.

Baca Juga :  Menkes Budi Sadikin: Vaksinasi Indonesia Tembus 10 Juta Dosis

Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan dukungan Pemerintah Provinsi Lampung maupun Pemerintah Pusat terus memberikan prioritas dan fokus pada pengembangan sejumlah komoditas, khususnya tanaman pangan yang sangat prospektif untuk dikembangkan. Begitu juga tanaman palawija seperti padi, jagung, kedelai serta jenis-jenis tanaman hortikultura seperti cabe maupun tanaman buah, sangat memungkinkan untuk terus dikembangkan dari sisi kuantitas maupun kualitas produksi.

Mudah-mudahan dari hasil rehabilitasi irigasi dari pihak Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, dapat mengaliri lahan sawah yang selama ini tidak teraliri, bahkan sudah alih fungsi lahan. Dengan demikan Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung telah mambantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam upaya meningkatkan hasil produksi pertanian.

Untuk itu, Saya berharap kepada masyarakat agar ikut menjaga dan merawat saluran jaringan irigasi ini, karena tugas tanggungjawab untuk merawat bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, namun memerlukan dukungan dari masyarakat khususnya bagi pengguna saluran irigasi,”tutup Bupati dalam sambutannya. (SUIN/KTN)

Bagikan :