Bupati Adipati Sambut Tim Pengembangan Unila

Rektor Universitas Lampung beserta jajarannya yang telah bersedia bekerjasama untuk membantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan percepatan dalam pemenuhan pelayanan publik.
Bagikan :

WAY KANAN – Kliktodaynews.com  Pemberian Otonomi yang seluas-luasnya kepada Daerah adalah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Melalui Otonomi luas dalam lingkungan strategis globalisasi, Daerah dirahapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan serta potensi dan keanekaragaman Daerah dalam sistem NKRI. Sebagaimana UU No 9 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah telah menegaskan bahwa Kerjasama Daerah dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Daerah juga dapat mengadakan kerjasama yang didasarkan pada pertimbangan efisien dan efentivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan. Kerjasama Daerah juga dapat dilakukan dengan Daerah lain, pihak ketiga dan Pememrintah Daerah atau Lembaga di luar Negeri.

“Dengan kehadiran Perguruan Tinggi Negeri di Kabupaten Way Kanan akan memberikan effort bagi percepatan pembangunan SDM berkualitas di Wilayah Perbatasan Selatan. Kehadiran Unila memberikan dukungan akselerasi pembangunan ekonomi di Way Kanan dan sekitarnya. Untuk itu, dalam jangka panjang diharapkan muncul kawasan pertumbuhan ekonomi baru di Gerbang Selatan Provinsi Lampung yang meliputi Baturaja sekitarnya, Way Kanan, Liwa dan Tulang Bawang sebagai Gravity Ultimate Growth (Rajawali Tangguh) dimana Way Kanan sebagai pusat pertumbuhan (gravity)”, ujar Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M saat menyampaikan sambutan saat menerima Kunjungan Kerja Tim Pengembangan Unila di Kabupaten Way Kanan, Senin (14/06/2021).

Baca Juga :  Tenggelam di Danau Toba, Seorang Wisatawan Asal Kisaran Belum Ditemukan

Selanjutnya, Bupati Alumni Kehormatan IPDN Djatinangor Jawa Barat itu juga menyampaikan bahwa kehadiran Unila menjawab kebutuhan masyarakat terhadap akses pendidikan tinggi yang berkualitas serta bermutu. Kehadiran Unila juga meningkatkan kapasitas layanan Unila menuju Kampus World Class dan Kehadiran Unila adalah bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangnka menuju Indonesia Emas 2045.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Lampung beserta jajarannya yang telah bersedia bekerjasama untuk membantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan percepatan dalam pemenuhan pelayanan publik. Dengan adanya kerja sama ini, telah membantu kami dalam rangka mewujudkan visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera dan menuju Visi Pemerintah Provinsi Lampung Rakyat Lampung Berjaya”, tutup Bupati Adipati.

Diketahui, kedatangan Rektor Unila, Prof. Dr. Karomani, M.Si, para Wakil Rektor Unila, para Dekan, Direktur Pasca Sarjana, para Kepala Biro, para Kepala Lembaga dan jajaran Unila itu sebagai tidak lajut dari kunjungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan ke Unila pada Tanggal 19 April 2021 lalu yang disambut positif.

Baca Juga :  Dua Guru Papua Gugur Dibunuh KKB, Nadiem Makarim: Terima Kasih Atas Pengabdianmu

Dalam acara yang dilanjutkan dengan peninjauan ke Kantor Ccamat Umpu Smenguk itu turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Kussarwono, M.T, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Kerjasama, Bagian Hukum, Bagian Umum Setdakab dan Camat Umpu Semenguk.

Penulis : Fitria Wulandari

Bagikan :