Bukit Teletubbies Gunung Bromo Terbakar, 6 Orang Diamankan

Bagikan :

Nasional-Kliktodaynews.com|| Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies Gunung Bromo kembali mengalami kebakaran. Diduga api berasal dari ulah pengunjung yang menyalakan flare.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat sekelompok pengunjung melakukan sesi foto pasangan prewedding, Rabu (6/9) kemarin. Mereka diduga menyalakan flare, yang memicu terjadinya kebakaran.

“Sesuai laporan kejadian dari petugas lapangan, perihal penyebab terjadinya kebakaran betul mas,” kata Humas Balai Besar Taman Nasional Tengger Bromo Semeru (BBTNBTS) Hendra, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (7/9).

Kini, kata Hendra, sekelompok orang itu, termasuk pasangan yang melakukan prewedding tersebut telah diamankan pihak kepolisian.

“Untuk proses selanjutnya pelaku sudah diamankan di kepolisian setempat,” ujarnya.

Akibat kejadian itu, wisata Gunung Bromo dan sekitarnya ditutup sementara. Petugas saat ini sedang melakukan proses pemadaman.

“Untuk mengantisipasi tidak terulang, sementara wisata Gunung Bromo dan sekitarnya ditutup sementara,” ujarnya.

Kebakaran hutan dan lahan tengah melanda sejumlah daerah, termasuk di Gunung Arjuno, Jawa Timur. Kebakaran di gunung tersebut terus meluas mencapai 4.403 hektare.

Baca Juga :  Para Pemimpin Redaksi Media Cetak Dan Online Bersatu Dalam Pembentukan PPRI

Kepala Dinas Kehutanan Jatim Jumadi mengatakan titik api sudah mulai berkurang jika dibandingkan dengan Selasa (5/9) kemarin.

“Titik api juga sudah berkurang banyak,” kata Jumadi.

Senada, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan titik api di Gunung Arjuno sudah berkurang signifikan. Meski begitu, ia belum menyebutkan jumlah pastinya.

“Kalau di titik Arjuno Insyaallah sudah tinggal sedikit titiknya, harus di-update berapa yang harus dilakukan pembasahan,” ujarnya.

Sumber: cnnindonesia.com

Bagikan :