Atnike Nova Sigiro Terpilih Jadi Ketua Komnas HAM

Direktur eksekutif jurnal perempuan, Atnike Nova Sigiro di acara summit on girls di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (10/12). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Bagikan :

JAKARTA – Kliktodaynews.com|| Komisi III DPR RI telah memilih menunjuk Atnike Nova Sigiro sebagai Ketua Komnas HAM periode 2022-2027. Atnike dipilih bersama 8 anggota Komnas HAM lainnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Anggota Komisi III DPR, Habiburrokhman mengatakan sembilan nama tersebut akan dibawa ke Paripurna besok, Selasa (4/10) untuk disahkan.

“Tepat (akan disahkan untuk di Paripurna besok),” kata Habib saat dikonfirmasi.

Sembilan komisioner terpilih yaitu:

1. Abdul Haris Semendawai

2. Anis Hidayah

3. Atnike Nova Sigiro (ketua)

4. Hari Kurniawan

5. Prabianto Mukti Wibowo

6. Pramono Ubaid Tanthowi

7. Putu Elvina

8. Saurlin P. Siagian

9. Uli Parulian Sihombing

Diketahui, Atnike adalah Direktur Jurnal Perempuan yang menjabat hingga September 2021, sebuah jurnal yang fokus di isu-isu gender. Jurnal Perempuan terbit sejak 1996 di bawah Yayasan Jurnal Perempuan.

Atnike pernah menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia pada 2000. Lalu melanjutkan studi Pascasarjana S2 di University Of London pada 2007, dan terakhir di program Doktor S3 di Universitas Indonesia pada 2018.

Baca Juga :  Eksekutor Penembak Dantim BAIS TNI di Pidie Berprofesi Sebagai Tukang Cukur

Atnike berpengalaman pengalaman sebagai dosen di Paramadina Graduate School Of Diplomacy, Universitas Paramadina. Ia juga pendiri dan Dewan Penasihat Lokataru Foundation pada tahun 2017.

Sementara itu, sembilan nama komisioner Komnas HAM baru dipilih dari 14 nama yang sebelumnya mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

Menurut Habib, pihaknya harus segera memilih nama-nama tersebut sebab anggota dewan akan memasuki masa reses mulai Rabu (5/10). (TIM/KTN)

 

Bagikan :