Sebanyak 983 Anggota Pantarlih Kabupaten Lampung Barat Dilantik

Ilustrasi gambar
Bagikan :

LAMPUNG BARAT – Kliktodaynews.com|| Sebanyak 983 Petugas Pemutahiran data pemilih ( Pantarlih) se Kabupaten Lampung Barat di lantik oleh ketua Panitia Pemungutan Suara ( PPS) di 131 Pekon dan Lima Kelurahan pada 15 Kecamatan proses pelantikan di Lakukan serentak pada Minggu 12/2.

Ketua KPU Lampung Barat, Arip Sah Mengatakan, Proses pelantikan ada yang di lakukan secara bersamaan oleh beberapa pekon yang di satukan di satu titik dan ada yang di lakukan di masing-masing pekon. ” Jadi yang melantik pantarlih adalah ketua PPS, ada yang di lakukan secara mandiri di pekon masing-masing, dan ada gabungan beberapa pekon yang do satukan. untuk yang di gabungkan, tetap prosesi pengambilan sumpah di lakukan bergantian masing-masing pekon,” kata dia

Setelah prosesi pelantikan kata dia, di gelar Apel Pantarlih, dan di apel tersebut pembina upacara menyampaikan amanah ketua KPU RI. selanjutnya pihak PPS melakukan bimbingan teknis terkait pencocokan dan penelitian daftar pemilih ( Coklit) ” setelah apel, kemudian di gelar Bimbtek, selanjutnya petugas pantarlih a memulai coklit,” kata dia

Nantinya petugas pantarlih akan melakukam coklit mulai dari 12 april hingga 14 Maret 2023 mendatang. dimana setiap petugas akan mendatangi rumah-rumah sesuai dengan data pemilih yang di miliki untuk melakukan coklit.

”Kebetulan tadi di kecamatan Balik bukit, ada monitoring dari ketua divisi hukum KPU Provinsi, Pak Warsito, Beliau berkesempatan memonitoring langsung, coklit terhadap tokoh masyarakat pekon sebarus, yang kebetulan merupakan kadis kom info Lambar bapak Munandar.” urainya.

Menurut Arip berdasarkan data singkronisasi, untuk pemilih Lampung Barat pada pemilu 2024 mendatang, terdapat sebanyak 225.125 pemilih yang tersebar di 131 pekon dan 5 kelurahan pada 15 kecamatan se Lampung Barat. dari jumlah tersebut terdapat sebanyak 117.407 pemilih laki-laki, dan 107. 708 pemilih perempuan.

Mengingat dalam dua bulan kedepan seluruh petugas pantarlih akan melakukan coklit, untuk itu ia berharap dukungan dan kerjasama dari semua masyarakat demi suksesnya proses dan tahapan pemilu.” tentu nanti petugas akan mendatangi rumah ke rumah melakukan coklit dan memasang stiker bagi yang telah di coklit, jadi kami mohon maaf apabila kedatangan petugas dinilai merepotkan dan menggangu waktu istirahat di rumah.” (SB/KTN)

Bagikan :