Implementasi Ilmu Bersama KKN UMKO di Desa Sindang Agung

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara.
Bagikan :

KOTABUMI – Kliktodaynews.com|| Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Pembukaan KKN UMKO di Desa Sindang Agung ini disambut hangat oleh Aparat Desa, Tokoh Masyarakat setempat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita dan Karang Taruna Setempat. Kegiatan KKN ini berlangsung secara periodik selama 1 bulan, dimulai sejak 31 Januari 2023 hingga 05 Maret 2023. KKN Kelompok 1 Desa Sindang Agung yang beranggotakan Rolin Pramudya sebagai Ketua Kelompok, Yolanda Afrilia Takuna, Ilham Putra Jaya, Nadhira Prima Dhita, dan Alifta Asqur’ani.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada Mahasiswa bagaiman menyikapi dinamika sosial kemasyarakatan yang ada, pengabdian kepada masyarakat, memberikan masukan dan saran serta terobosan yang baru dalam memajukan Desa, mengembangkan dan meningkat pemberdayaan masyarakat.

Disampaikan Rosy F. Daud, M.I.Kom. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Sindang Agung, Senin (06/3), program kerja mahasiswa KKN UMKO yang ditempatkan di Desa Sindang Agung ini memiliki program kerja yang berfokus pada pengembangan keilmuan, tidak hanya dalam Pengetahuan umum tetapi juga dalam pengetahuan keagamaan. Team KKN Desa Sindang Agung juga membagi seluruh ilmu yang didapat dan mengimplementasikan langsung ke masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan di desa Sindang Agung.

Desa Sindang Agung merupakan salah satu potensi desa wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lampung Utara yang terletak di Kecamatan Tanjung Raja. Desa ini memiliki pesona alam yang indah dan dapat dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian lokal khususnya pariwisata. Hal ini dapat terjadi karena desa wisata mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Desa Sindang Agung yang nantinya dapat menggerakkan usaha masyarakat desa.

Rolin Pramudya selaku Ketua KKN Kelompok 1 Desa Sindang Agung mengatakan “selain implementasi Ilmu yang kami dapatkan di kampus, kami juga akan berusaha untuk mengembangkan diri, melatih kepedulian sosial, melatih profesionalitas, menurunkan ego, dan mengasah kemampuan dalam mencari problem solving selama kami melaksanakan KKN di Desa Sindang Agung”

Harapan Kepala Desa Sindang Agung Ahmad Rizal yakni “Program kerja tersebut diharapkan dapat mengembangkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya lingkungan, agar bisa dikonsumsi maupun dijual. Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih yang sesuai dengan kapasitas keilmuan sebagai intelektual muda”

Adapun rangkaian program kerja KKN Kelompok 1 ini yang menunjang seperti senam pagi, kerja bakti, memberikan edukasi terkait nilai-nilai Agama dan Kemuhammadiyahan, mengadakan sosialisasi tentang wisata dan mengadakan lomba sepak bola untuk pemuda setempat. Kegiatan KKN yang dilakukan oleh kelompok 1 ini mendapatkan respon positif dan antusias dari masyarakat Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja khususnya Karang Taruna.

Ketua Karang Taruna Desa Sindang Agung juga menaruh harapan pada Mahasiswa KKN Desa Sindang Agung saat ditemui di Balai Desa “Mahasiswa KKN disini harus mampu membawa masyarakat di Desa Sindang Agung ikut serta dalam membangun dan menciptakan objek wisata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). Ketika program ini sudah berjalan, terutama pendapatan dari desa akan meningkat sehingga desa tidak kesusahan dalam anggarannnya dan juga bisa berimbas kepada masyarakat, pendapatannya juga naik. Sehingga kesejahteraan masyarakat Desa Sindang Agung sendiri pun ikut meningkat”, tuturnya. (IS/KTN)

Bagikan :