TNI-Polri Bersihkan Abu Vulkanik Sinabung di Kecamatan Namanteran

Water Canon milik Polres Tanah Karo diturunkan untuk menyiram enam desa di lingkararan Gunung Sinabung
Bagikan :

TANAH KARO – Kliktodaynews.com Satu unit truk Water Canon milik Polres Tanah Karo diturunkan untuk menyiram enam desa di lingkararan Gunung Sinabung yang ketebalan abu vulkaniknya sangat meresahkan bagi pengguna jalan pada umumnya yang khususnya Kecamatan Namanteran, yang terpapar abu vulkanik yang lumayan tebal yang disertai batu batu kecil , Senin 07/06/2021 .

Selain menyirami abu tersebut , petugas gabungan TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten Karo membersihkan abu menggunakan sapu lidi dan peralatan lainnya.

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK melalui Kasat Sabhara , AKP Enda Tarigan yang di dampingi Danramil 04/SE Kapten Inf S .Karosekali dan Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap mengharapkan penyiraman tersebut mampu membersihkan abu vulkanik di areal pemukiman masyarakat serta tempat tempat umum lainnya.

Ia mengatakan penyiraman dilakukan melihat tebalnya abu vulkanik yang dihasilkan erupsi Gunung Sinabung yang bercampur dengan bebatuan kecil . “Kemudian, cuaca juga sedang musim kemarau, jadi harus dilakukan penyiraman,” katanya.

Harapannya, selain desa di zona merah, aktivitas warga dapat berjalan sebagaimana mestinya. “Tetap pakai masker, jaga kesehatan karena abu vulkanik tergolong berbahaya,” tambahnya lagi.

Baca Juga :  Kemenkes RI Serahkan Bantuan 17 unit Ambulance Mendukung Pelayanan Pusling Untuk Kab. Karo


Adapun lokasi yang dilakukan penyiraman di Kecamatan Namanteran yakni, Desa Kutarayat , Desa Sigarang Garang , Desa Kutagugung , Kebayaken , Kutambelin , Naman dan Sukanalu .

AKP Enda Tarigan menambahkan ” Akibat Erupsi tersebut , nasyarakat meminta bantua TNI – Polri dan Pemerintah untuk mengirim Mobil Pemadam Kebakaran dan AWC Polres Tanah Karo untuk melakukan Penyiraman air agar abu Vulkanik , pasir dan bebatuan dapat di singkirkan dari badan jalan,

Dan sampai saat ini, belum ada termonitor Korban Jiwa, Kerugian Materi akibat Erupsi tsb sedang dilakukan pendataan oleh Petugas Desa dan Kecamatan Namanteran.(LIN/KTN)

Bagikan :