Satlantas Polres Tanah Karo Siapkan Bilik Sterilisasi di Satpas SIM

Ket foto : Bilik sterilisasi didepan Satpas SIM Polres Tanah Karo. (Foto. Terkelinbukit
Ket foto : Bilik sterilisasi didepan Satpas SIM Polres Tanah Karo. (Foto. Terkelinbukit
Bagikan :

Tanah Karo-Kliktodaynews.com Kepolisian Resor Polres) Tanah Karo membangun bilik sterilisasi secara mandiri di pintu masuk Makopolres Tanah Karo dan di Kantor Layanan SIM, Kabanjahe, guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Bilik itu dilengkapi penyemprot disinfektan.

Kasatlantas Polres Karo, Iptu Ita Ginting SIK, MSi melalui Kasubbag Humas Polres Karo, Iptu MS Lubis, mengatakan bilik transparan yang terbuat dari rangkaian besi ringan dan plastik itu dilengkapi dengan penyemprot disinfektan. Setiap pengunjung yang datang di Kantor Satpas SIM diwajibkan untuk melintasi bilik sterilisasi.

“Makanya kami tempatkan di pintu masuk, sehingga semua pengunjung pasti akan melintasi ini,” kata Lubis Senen (30/03/2020) di Kabanjahe.

Dikatakannya, pengadaan bilik ini merupakan inisiatif dari internal Satlantas Polres Karo sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran virus corona. Mengingat setiap hari kantor layanan tersebut didatangi oleh ratusan warga yang mengajukan permohohan SIM baru maupun perpanjangan.

Dengan keberadaan bilik sterilisasi diharapkan pengunjung akan terminimalisir dari penyebaran wabah Covid-19. Untuk memaksimalkan upaya pencegahan, pihaknya juga melengkapi Satpas SIM perlengkapan cuci tangan (hand sanitizer).

Baca Juga :  Jhon Surbakti Ditangkap Tim Satres Narkoba Polres Tanah Karo, Barbut 6 Paket Plastik Diduga Shabu


“Setiap pengunjung diwajibkan melewati bilik, setelah itu mereka wajib untuk melakukan cuci tangan menggunakan sabun yang ada di pintu masuk loket atau menggunakan sanitasi tangan,” jelasnya.

Kasatlantas menambahkan, dalam proses pelayanan SIM, pihaknya juga menerapkan social distancing atau physical distancing. Kursi ruang tunggu yang awalnya saling berhimpitan, kini diberikan pembatas, sehingga terdapat jarak yang cukup antara satu pengunjung dengan pengunung lainnya.

“Kami berharap masyarakat saling menjaga diri agar tidak tertular corona,” jelasnya.

Sementara Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK, melalui Kasubag Humas Polres Karo, Iptu MS Lubis mengatakan inovasi ini rencananya akan direplikasi dibeberapa tempat layanan kepolisian termasuk di Markas Polres Tanah Karo.

“Ini akan kami perbanyak lagi untuk di kepolisian. Kami juga mengarahan tempat-tempat umum seperti pusat pasar, terminal juga akan dibuatkan bilik sterilisasi,” ujar Lubis.

Lubis berharap dengan antisipasi tersebut, masyarakat yang tengah berada di ruang publik akan lebih terlindungi dan terminimalisir dari penyebaran Covid-19.

Namun pihaknya tetap memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan diri sendiri dengan rutin mencuci tangan. Selain itu warga juga diimbau agar tidak bepergian jika tidak dalam konsidi mendesak. “Penanggulangan Covid-19 adalah tugas kita bersama,” jelasnya.(LIN/KTN)
Baca Juga :  Rakor Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karo

Bagikan :