Menerima Informasi Kebakaran Lahan di Tongging, Polres Tanah Karo Langsung Meluncur Ke TKP Untuk Pemadaman

Bagikan :

TanahKaro-Kliktodaynews.com||
Diperoleh informasi bahwa adanya laporan masyarakat Desa Tongging Kec. Merek Kab. Karo kemarin sore, Sabtu(28/72023) sekira Pukul 17.30 WIB, bahwa tepatnya di Perbukitan Dolok Panggulangan, Desa Tongging telah terjadi kebakaran lahan.

Atas informasi tersebut Polres Tanah Karo bersama Polsek Tigapanah dan Koramil Tigapanah langsung meluncur ke TKP untuk melakukan upaya pemadaman dan berkoordinasi dengan Damkar Pemda Karo.

Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M, didampingi Kapolsek Tigapanah AKP H. Sihotang, S.H, saat dikonfirmasi, mengatakan benar telah terjadi kebakaran lahan di Perbukitan Dolok Panggulangan.

“Menerima informasi tersebut, kita turunkan personil bersama Damkar menuju ke TKP untuk melakukan upaya pemadaman di lokasi”, jelas AKBP Wahyudi, Minggu(30/7).

Api membesar membakar lahan diperkirakan seluas sekitar 20 Ha lahan kosong yang ditumbuhi semak dan kayu putih hingga mendekati kafe Sapo Juma dan sampai dengan pukul 22.00 WIB, upaya pemadaman masih dilaksanakan dengan dua unit mobil Damkar dibantu Personel Gabungan Piket Fungsi Satreskrim Tanah Karo, Polsek Tigapanah, Koramil Tigapanah dan Damkar Pemkab Karo, namun belum dapat dipadamkan seluruhnya karena sulitnya medan yang bertebing curam dan situasi angin kencang.

Baca Juga :  Edy Rahmayadi Serahkan Piala TPID Berprestasi kepada Bupati Karo

Hingga pagi tadi, Minggu(30/7) sekira pukul 06.00 WIB, api baru berhasil di padamkan dengan Personil masih stand by di sekitar lokasi.

AKBP Wahyudi mengatakan, penyebab kebakaran dan asal mula api belum dapat diketahui dikarenakan api kondisi penerangan yang minim saat malam tadi dan lokasi berada di lereng curam perbukitan diatas Danau Toba, namun akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut terkait hal tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena yang terbakar adalah lahan kosong yang ditumbuhi semak dan kayu, untuk kerugian materil juga belum dapat diperkirakan. Kita akan berkoordinasi dengan KPH XV Kabanjahe untuk mengambil titik kordinat guna mengetahui apakah lahan yang terbakar masuk ke dalam kawasan hutan atau tidak”, pungkas AKBP Wahyudi.

Dua unit Mobil Damkar juga masih Standby di Kafe SAPO JUMA, mengantisipasi masih adanya titik api yang dapat merambat luas atau ke pemukiman masyarakat.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar sampah ataupun membuang puntung rokok di areal hutan/lahan yang berpotensi api akan dengan cepat menyebar.

Baca Juga :  Dishub Karo Tertibkan Parkir Sembarangan Di Berastagi

“Apalagi jika dilakukan dengan sengaja membakar hutan/lahan, ada sanksi pidananya, dan kita akan tindak tegas kepada pelaku pembakaran hutan/lahan”, tegas Kapolres.(Bukit)

Bagikan :