DPW Walantara Sumut Dampingi Kunjungan Dirpolairud Polda Sumut Ke Rumah Tak Layak Huni Dan Tambak Ikan Binaan

Bagikan :

Tanah Karo-Kliktodaynews com DPW Wahana Lingkungan Alam Nusantara (Walantara) Sumut dampingi rombongan Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Sumatera Utara Kombes  (Pol) Roy H. M Sihombing.SIK untuk mengunjungi rumah milik Radot Simorangkir (50) warga XVII Kel. Bahagia, Kec. Medan Belawan sekaligus melihat rumahnya yang akan di rehab, Kamis (9/1/2020) sore. Acara ini diadakan agar kehidupan masyarakat pesisir bisa hidup lebih baik dan layak.

Selain melihat rumah nelayan kecil tersebut, Kombes (Pol) Roy H.M Sihombing.SIK didampingi AKBP Erwin W.Siahaan, AKBP Jenda Sitepu.SH beserta pejabat Dirpolairud Polda Sumut lainya menyempatkan diri untuk melihat tambak ikan milik Karang Taruna yang merupakan binaan Ditpolairud Polda Sumut.

“Dalam rangka memperdayakan masyarakat pesisir ini. Ada dua hal yang harus diperhatikan, seperti pemberdayaan dari segi aspek ekonomi dan segi aspek kemanusiaan ,” ujar Roy H.M Sihombing pada wartawan.

” Kegiatan rehab rumah milik salah seorang nelayan kecil ini bukan kita lakukan sendiri, disini kebetulan ada dari Karang Taruna Belawan, DPW SUMUT Walantara dan Pemuda Tionghoa. Salah satunya tadi, kita telah lakukan penyuluhan kepada Karang Taruna dan masyarakat pesisir Belawan yang cukup merespon atas kegiatan tersebut.” ucap Roy lagi.

Baca Juga :  Disperindag Kabupaten Karo Adakan Pasar Murah Membantu Daya Beli Masyarakat


Tampak hadir mendampingi rombongan Ditpolairud Polda Sumut Ketua DPW Walantara Sumut Thomson A Hutahaean.SH, Karang Taruna Belawan, Dan Komunitas Pemuda Tionghoa.

“Kami pengurus DPW Walantara Sumut sangat mendukung kegiatan ini. Selain kunjungan ini juga ada kegiatan pemberdayaan pada masyarakat dari segi aspek kemanusiaan dan ekonomi. Agar masyarakat di sini bisa hidup lebih baik lagi. Dan bisa mendapatkan pemasukan yang lebih di segi perekonomian. Nanti juga akan ada pengobatan gratis, pembuatan akta kelahiran dan identitas anak, ” terang Thomson kepada kru.

Sementara Roy juga menjelaskan, ” Kalau dari segi aspek kemanusiaan, salah satunya tadi kita telah melakukan bedah rumah dan kegiatan bedah rumah ini kita lakukan tidak sendiri, kebetulan disini ada tokoh masyarakat dari karang taruna belawan ini yang cukup merespon atas kegiatan tersebut. Sehingga kita sangat menyambut baik atas kegiatan tersebut. Karena sangat jarang ada tokoh masyarakat yang perduli dan cinta dengan sesama, terutama melihat ada beberapa rekan atau saudara kita yang butuh pertolongan itu kita sambut baik dan kita lakukan bedah rumah,” jelasnya.

Menurut Roy lagi, dari segi peningkatan perekonomian mereka juga bergandeng tangan dengan masyarakat, pemerintah daerah, dan rekan rekan kita baik itu dari Karang Taruna Belawan, DPW Wahana Lingkungan Alam Nusantara ( WALANTARA ) agar masyarakat bisa hidup lebih mandiri lagi.
Baca Juga :  Puskesmas menjadi pelayanan prima bagi masyarakat melalui akreditasi


” Salah satu yang akan kita laksanakan seperti pembudidayaan ikan dan disini sudah ada lokasi nya. Dan ini saya harapkan dapat berkelanjutan, sehingga artinya ini bukan kegiatan seremonial belaka, dimana kita hadir disaat saat seperti ini dan saya mau kegiatan ini sampai panen.Kegiatan ini harus menghasilkan dan hasil nya itu kita gunakan untuk kesejahteraan masyarakat .” harap Roy.

” Dan pada hari Senin nanti kita akan panggilkan dari pemerintah daerah baik dari UMKM , Dinas Sosial, Dinas Perikanan, karna ada hubungan langsung dari beberapa kegiatan yang kita laksanakan,” ujarnya.

Di sisi lain, warga juga sangat senang dan antusias dengan kunjungan rombongan Dirpolairut Polda Sumut. Ucapan terima kasih mengalir dari warga untuk bantuan yang telah diterima mereka. “Saya dan warga yang lain sangat senang dan berterima kasih untuk kunjungan dan bantuan ini,” ucap Radot sambil tersenyum.

Reporter : Dewi
Bagikan :