Viral Warga Ajak Berantem Petugas Damkar, Ini Faktanya

Ilustrasi Kebakaran
Ilustrasi Kebakaran
Bagikan :

Kutai Timur – Kliktodaynews.com Viral video amatir keributan antara masyarakat dengan petugas pemadam kebakaran di Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, Selasa (30/3/2021).

Tampak terlihat sejumlah warga bersitegang dengan petugas Damkar dan saling dorong dan nyaris berujung adu jotos.

Dikutip dari detik.com, Rabu (31/3), Kasat Reskrim Polres Kutim AKP Abdul Rauf mengatakan insiden gesekan warga dengan petugas damkar terjadi saat ada kebakaran di Jalan Kutai Indah, Desa Sangata Utara, Kecamatan Sangata Utara, Kutim, siang tadi sekitar pukul 13.00 Wita. Dia mengatakan gesekan warga dengan petugas damkar tersebut dipicu salah paham.

“(Insiden dipicu) Salah paham, miskomunikasi. Tujuannya sama-sama ingin memadamkan api, cuma warga panik. Saat mobil belum berhenti mereka berupaya mengambil selang dari mobil damkar,” kata AKP Rauf saat dimintai konfirmasi.

Warga berupaya mengambil selang dari mobil damkar karena menganggap bisa memadamkan sendiri. Warga merasa pemadaman segera harus dilakukan.

“Ketika kita tanyakan saksi, kenapa ada masyarakat melakukan dorong-dorong atau dugaan pemukulan terhadap pemadam, karena mobil damkar mau masuk ke gang, sekelompok warga langsung mengambil selang dari mobil itu. Petugas mencoba melarang, menyampaikan bahwa cukup kami yang menariknya, karena teknisnya mereka (damkar) yang paham,” jelasnya.

Namun dia mengatakan gesekan tersebut sudah terselesaikan. “Sampai saat ini tidak ada keberatan, belum ada laporan juga ke polsek atau polres terkait dugaan intimidasi,” ucapnya.

Dia menjelaskan pada peristiwa tersebut ada 3 unit rumah yang terbakar, terdiri dari dua barakan (kontrakan) dan 1 unit rumah. Penyebab kebakaran ini masih didalami. (RED/KTN)

Bagikan :