Gerakan Dapur Online Lakukan Aksi Berbagi Makanan Ke Masyarakat

Dapur online
Bagikan :

Jawa Barat-Kliktodaynews.com Anak muda Bandung Serukan Saling Berbagi melalui Dapur Online dan mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah itu untuk bergotong royong melawan pandemi Covid-19. Pasalnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak penyebaran virus COVID-19 dan Jawa Barat juga yang termasuk zona merah.

Wakil Sekretaris Jenderal PA PB HMI, Bambang P Rambe mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya menggelorakan gerakan nasional “Dari Bandung Untuk Indonesia” dengan hastag #KamiBagiBagiMakanan di tengah masyarakat di wilayah Jawa Barat.

“Langkah langkah kongkrit ini dilakukan dengan berbagi berkah untuk mereka pekerja lepas atau harian yang terdampak langsung oleh Covid-19. Jawa Barat khususnya yang disebut-sebut sebagai zona merah penyebaran Covid-19” Bambang .Minggu (12/4/2020).

Menurut Bambang, teman- teman Dapur Online sudah menggelorakan gerakan itu di beberapa titik di wilayah Kota Bandung, dan sudah bergerak lebih dari dua pekan.

Gerakan “Dapur Online #KamiBagiBagiMakanan” merupakan gerakan nasional yang digagas oleh teman-teman HMI Cabang Kabupaten Bandung dan para relawan lainnya.

Baca Juga :  Ditengah Serba Keterbatasan, "Juwita" Penderita Meningitis Atau Radang Selaput Otak Memerlukan Uluran Tangan Kita Semua


Di media sosial, gerakan #DapurOnline mendapat sambut positif. Diantaranya dari Anggota DPR RI Bapak Dede Yusuf dan Direktur The Jakarta Institute juga mengapresiasi dan turut mendukung gerakan nasional #DapurOnline #KamiBagiBagiMakanan

“Ini kondisi darurat, kita harus sadar, harus ada solidaritas, dan gotong royong jangan mau aman sendiri aja. Yang kuat bantu yang lemah.” ungkap Kang Dede Yusuf

Sementar itu, “Keimanan sejati terpatri dari kepedulian kepada sesama. Mari bersama hadapi COVID -19. Indonesia Bisa!”. Ungkap Bang Reza Fahlevi

Bambang P Rambe menjelaskan, gerakan ini untuk membantu para kepala keluarga yang kehilangan pendapatan harian mereka karena situasi pandemi ini.

Sebagaian besar mereka ialah pekerja sektor informal, buruh harian, tukang bangunan dan yang lainnya.

“Mereka pahlawan bagi keluarganya, tapi situasi saat ini mereka terpaksa harus bertahan di rumah dan tidak bekerja,” kata Bambang.

“Para pemuda harus ambil bagian langsung dalam penanganan situasi pandemi ini, kita berbagi dengan saudara kita, kita angkat mereka jadi saudara kita, kita harus ikut merasakan situasi ekonomi dan emosional mereka sehingga gerakan #DapurOnline #KamiBagiBagiMakanan bisa menjadi cermin gotong royong bangsa,” tambahnya.
Baca Juga :  Dianggap Hina TNI Dosen Ini Ditangkap


Fokusnya, kata dia, selama ini kami #DapurOnline membantu kebutuhan dasar pangan masyarakat selama hampir lebih dua minggu dengan membagi-bagikan makanan kepada yang membutuhkan.

“Secara kontinu akan kita ajak semua masyarakat Indonesia, khususnya para pemuda agar ikut dalam gerakan #DapurOnline #KamiBagiBagiMakanan ini,” katanya.

“Setiap hari akan kita kampanyekan gerakan ini agar menjadi sebuah gerakan sosial. Kita bantu pemerintah dengan cara ini agar bangsa kita segera keluar dari situasi ini,” tambahnya.

Bambang menambahkan “jika ingin bergotong-royong untuk berpartisipasi dalam gerakan ini, bisa mendaftar langsung kepada Koordinator Panitia yaitu kang Achamd Hakiki atau bisa langsung DM melalu Instagram @DapurOnline_Gratis”.

“Tetap jaga jarak dan #DiRumahAja biar kami yang bagi – bagikan makanan, Indonesia akan segera bangkit dari Pandemi Covid-19 dan Ayok kita terus gelorakan peduli terhadap sesama”, himbaunya.(RED/KTN)

Bagikan :