Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

Ilustrasi black box atau kotak hitam pesawat. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Ilustrasi black box atau kotak hitam pesawat. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Bagikan :

Jakarta – Kliktodaynews.com Kotak hitam atau black box Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Dari informasi yang dihimpun kotak hitam ditemukan di antara Pulau Laki dan Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta. Kotak hitam itu tampak dibawa oleh kapal sea rider milik Kopaskal.

Black box atau kotak hitam berisi data penerbangan yang bisa digunakan untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Black box atau kotak hitam adalah istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan. Walaupun disebut kotak hitam, nyatanya black box dibalut warna yang terang menyala atau cerah agar mudah teridentifikasi dalam operasi pencarian.

Black box terdiri dari dua kombinasi perangkat yaitu CVR (Cockpit Voice Recorder) atau percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR (Flight Data Recorder) atau rekaman data penerbangan.

FDR terus merekam beragam data tentang semua aspek pesawat saat terbang dari satu tempat ke tempat lain. Sementara CVR merekam percakapan di dek penerbangan dan suara-suara seperti transmisi radio dan alarm otomatis.

Baca Juga :  Peracik Jamu Ilegal Omset Ratusan Juta Rupiah Ditangkap Bareskrim Polri


Fungsi alat tersebut adalah guna membantu menemukan black box setelah kecelakaan pesawat yang terjadi di laut.

Dengan penemuan black box Sriwijaya Air SJ 182 ini diharapkan penyebab kecelakaan pesawat nahas tersebut segara terungkap.

Sumber : CNNIndonesia.com

Bagikan :