Penandatanganan Kerja Sama Bidang Pendidikan antara UMM dan Universidad Nacional de Colombia

Rektor Unal Prof. Dr. Dolly Montoya Castano dan Rektor UMM, Prof. Dr. Fauzan, M.Pd
Bagikan :

BOGOTA – KLiktodaynews.com Atas inisiasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bogota, pada hari ini telah ditandatangani Cooperation and Academic Exchange Agreement antara Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan Universidad Nacional de Colombia (Unal). Kesepakatan kerja sama di bidang pendidikan tersebut merupakan yang ketiga antara perguruan tinggi di Indonesia dan perguruan tinggi di Kolombia.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Kolombia Dr. HC Drs. Priyo Iswanto, M.H. menyampaikan bahwa kerjasama antara kedua universitas akan bermanfaat tidak hanya bagikalangan akademisi dan mahasiswa kedua universitas, tetapi lebih dari pada ituuntuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Kolombia khususnya interaksi masyarakat(people to people contact) di kedua negara.Hal ini sejalan dengan upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan Kolombia dalam bentuk pemberian layanan bebas visa bagi kedua warga negara untuk saling berkunjung.

Melalui people to people contact di kalangan akademisi diharapkan terdapat pemahaman yang lebih baik terhadap potensi dan peluang yang terbuka bagi kerja sama kedua negara. Selanjutnya Dubes Priyo Iswanto optimis bahwa kerjasama di bidang pendidikan ini akan saling melengkapi bahkan memperkuat kerjasama di sektor lainnya, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.Beliau menambahkan bahwa hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Kolombia mengalami peningkatan sejak tahun 2017 dengan kecenderungan yang terus meningkat, kecuali pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Kedua negara mewakili kekuatan ekonomi utama di kawasan masing-masing, Indonesia sebagai aktor utama dan pasar di Asia Tenggara sedangkan Kolombia sebagai pasar terbesar ketiga dan kekuatan ekonomi keempat di Amerika Latin.

Baca Juga :  Seorang Wanita Tewas Di Gubuk Menstruasi


Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Juan Camilo Valencia González yang turut menyaksikan penandatanganan perjanjian tersebut mengungkapkan keyakinannya akan manfaat besar dari kerja sama antara UMM dan Unal bagi kalangan akademisi dan bagi interaksi mahasiswa dengan budaya yang beragam sehingga menambah wawasan serta memperluas pandangan mereka terhadap dunia. Dan yang lebih penting lagi adalah meningkatkan kreatifitas serta inovasi mereka menghadapi situasi saat ini dan yang akan datang.

Rektor UMM, Prof. Dr. Fauzan M.Pd menyampaikan bahwa esensi dari kerja sama antara UMM dan Unal adalah saling dukung dan sinergi. Sinergisitas tersebut dalam rangka mendorong semakin lajunya akselerasi kemajuan perguruan tinggi masing-masing di tingkat internasional. Ditambahkan bahwa kerja sama dengan Unal merupakan kemajuan yang signifikan yang terjalin antara UMM dengan perguruan tinggi di kawasan Amerika Latin.

Sementara itu, Rektor Universidad Nacional de Colombia Prof. Dr. Dolly Montoya Castano, menyampaikan bahwa bagi Unal adalah sebuah langkah strategis menjalin kerja sama dengan institusi di Asia. Itulah sebabnya, dalam beberapa tahun terakhir, Direktorat Hubungan Internasional Unal memperkuat dan mengkonsolidasikan hubungan kerja sama akademik dengan mitra baru yang ada di Asia. Rektor Dolly menekankanbahwa jarak geografis yang jauh dan budaya yang berbeda, justeru perbedaan tersebut akan memperkaya pemahaman kita tentang dunia.
Baca Juga :  Bocah 8 Tahun di Australia Berhasil Tangkap Hiu Macan Seberat 314 Kg


UMM dan Unal merupakan dua perguruan tinggi yang menyandang status pendidikan berkualitas tinggi (akreditasi A) serta memiliki sejumlah kerja sama internasional antaruniversitas di bidang pendidikan. UMM menduduki peringkat pertama universitas IslamDunia versi UniRank 2021, sedangkan Universidad Nacional de Colombia (Unal) merupakan perguruan tinggi negeri terbaik dan terbesar di Kolombia serta menempati peringkat ke-10 di kawasan Amerika Latin. (DP/KTN)

Bagikan :