Pemilik BreachForums, Situs Hacker Bjorka Jual Data Pribadi, Ditangkap FBI

Ilustrasi hacker. (e-propethic.com)
Ilustrasi hacker. (e-propethic.com)
Bagikan :

Penegak hukum AS menangkap seorang pria di New York, AS, yang diduga sebagai pemilik website BreachForums. Situs web tersebut merupakan tempat para hacker, termasuk Bjorka, menjual data pribadi korbannya.

Terdakwa dilaporkan bernama Conor Brian Fitzpatrick. Dia menggunakan nama akun Pompompurin di BreachForums.

“Saat saya menangkap terdakwa pada 15 Maret 2023, dia menyatakan kepada saya secara substansi dan sebagian bahwa: a) namanya Conor Brian Fitzpatrick, b) dia menggunakan nama alias ‘Pompompurin,’ dan c) dia adalah pemilik dan administrator ‘BreachForums,’ situs web pembobolan data yang dirujuk dalam Pengaduan,” kata Agen Khusus FBI, John Longmire, seperti dikutip BleepingComputer.

Fitzpatrick sendiri dibebaskan pada keesokan harinya, Kamis (16/3), dengan uang jaminan 300 ribu dolar AS.

Meski begitu, dia diwajibkan menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Distrik Timur Virginia pada 24 Maret 2023 mendatang. Kebutuhan dokumen untuk persidangan sudah diserahkan Fitzpatrick.

Selagi menunggu sidang, dia tidak diperkenankan ke luar dari Distrik Selatan dan Timur New York, serta Distrik Timur Virginia. Dia juga dilarang menghubungi saksi, tergugat lain, atau rekan komplotannya.

Baca Juga :  Mari Dukung Partisipasi Taiwan di ICAO

Walau pemilik BreachForums telah ditangkap, website itu disebut masih terus berjalan. Menurut laporan BleepingComputer, admin forum mengatakan masih memiliki akses penuh ke infrastruktur situs dan akan terus mengoperasikan forum.

Pompompurin punya reputasi tinggi di RaidForums, pernah bocorkan data 5,4 juta pengguna Twitter

Pompompurin merupakan ‘pemain lama’ yang cukup ternama di dunia peretasan. Dia terkenal dalam membocorkan atau menjual data internal perusahaan yang dicurinya di forum hacker.

Akun ini juga memiliki reputasi tinggi di forum hacker lain, RaidForums, yang digrebek FBI pada 2022 lalu.

Pompompurin lantas mendirikan BreachForums untuk menggantikan situs tersebut.

BreachForums menjadi tempat baru bagi hacker untuk menjual data pribadi yang dicurinya. Di sini Pompompurin membocorkan data pelanggan RobinHood hingga alamat email milik 5,4 juta pengguna Twitter.

Sumber: kumparan.com

Bagikan :