Kekuatan Angkatan Laut China Kini Terbesar di Dunia

Kapal induk China. (AFP/China OUT)
Bagikan :

INTERNATIONAL – Kliktodaynews.com|| Laporan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mengungkapkan, China memiliki pasukan maritim terbesar di bumi. Negeri Tirai Bambu memiliki 355 kapal.

Angkatan Laut Cina yang dikenal Angkatan Laut Pasukan Pembebas Rakyat (PLAN) memiliki 355 kapal dan kapal selam. Diperkirakan mereka memiliki 145 kapal tempur permukaan.

Seperti dikutip dari the Jerusalem Post, Senin (8/11) dalam laporan itu disebutkan Angkatan Laut China siap melepaskan tembakan jarak jauh yang akurat ke target di darat dan mampu memperkuat daya tempur antikapal selamnya. Hal itu memperkuat proyeksi China sebagai kekuatan global.

Jumlah ini masih perkiraan dan kemungkinan masih akan bertambah di masa depan. Departemen Pertahanan AS mengantisipasi kapal China akan bertambah sebanyak 460 kapal pada 2030.

Selain angkatan laut terbesar di dunia ,China juga memiliki pasukan tempur terbanyak di dunia dan angkatan udara terbesar ketiga di dunia. China juga memiliki kemampuan nuklir.

Laporan ini penting karena dirilis di tengah ketegangan antara China dan Taiwan yang mereka klaim kian memanas. Beijing menolak klaim kemerdekaan Taiwan yang dikelola dengan demokratis.

Baca Juga :  CEO Gojek Vietnam Mengundurkan Diri

Selama bertahun-tahun China kerap menerobos masuk ke ruang udara Taiwan. Terbanyak terjadi pada 1 Oktober lalu. Satu bulan kemudian AS dan Kanada mengirimkan kapal tempur ke Selat Taiwan, Beijing segera mengecam langkah tersebut.

Pada Jumat (5/11) China kembali menegaskan kembali sikap mereka pada kemerdekaan Taiwan. Beijing mengatakan, siapa pun yang mendukung kemerdekaan Taiwan dapat dihukum penjara seumur hidup. Pertama kalinya China mengeluarkan hukum konkrit bagi mereka yang pro-kemerdekaan Taiwan.

Sumber :republika.co.id

Bagikan :