Federasi Taekwondo Cabut Sabuk Hitam Vladimir Putin

Vladimir Putin kembali mendapat sanksi individu dari badan olahraga internasional. (AFP/MIKHAIL KLIMENTYEV)
Bagikan :

INTERNATIONAL – Kliktodaynews.com|| Sabuk hitam kehormatan taekwondo milik Presiden Rusia Vladimir Putin resmi dicopot lantaran invasi ke Ukraina.

Pencopotan tersebut dilakukan World Taekwondo selaku badan taekwondo dunia yang mengatur olahraga beladiri tersebut dan merupakan anggota Asosiasi Federasi Internasional Olimpiade.

“World Taekwondo mengutuk keras serangan brutal terhadap nyawa tak berdosa di Ukraina, yang bertentangan dengan visi Taekwondo Dunia “Perdamaian Lebih Berharga daripada Kemenangan” dan nilai-nilai Taekwondo Dunia tentang rasa hormat dan toleransi.”

“Dalam hal ini, Taekwondo Dunia telah memutuskan untuk menarik sabuk hitam dan kehormatan ke-9 yang dianugerahkan kepada Tuan Vladimir Putin pada November 2013,” kata badan itu dalam sebuah pernyataan resmi.

World Taekwondo juga akan bergabung dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang melarang bendera serta lagu kebangsaan Rusia di ajang yang dilaksanakan.

Putin adalah salah satu tokoh dunia yang piawai dalam beladiri. Namun aksi invasi ke Ukraina membuatnya mendapat sederet sanksi dari badan olahraga beladiri lainnya.

Sebelum ini, Federasi Judo Internasional, menangguhkan status Putin sebagai presiden kehormatan dan duta besar judo terkait konflik Rusia Ukraina.

Baca Juga :  Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan PM Li Keqiang

Serangkaian hukuman dari dunia olahraga juga menjadi dampak lain yang merespons keputusan Putin melakukan invasi ke Ukraina pada Kamis (24/2).

Serangan-serangan Rusia ke Ukraina terjadi setelah Putin memerintahkan tindakan ‘operasi khusus’ yang dikatakan tidak dirancang untuk menduduki wilayah melainkan menghancurkan kemampuan militer tetangga. (CNNIndonesia/KTN)

 

Bagikan :