Taptu HUT RI Ke-79, Wakil Bupati Oloan P. Nababan Jadi Rebutan Perhatian

Bagikan :

DOLOKSANGGUL- Usai pelepasan Taptu dari Mapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) oleh AKBP Hary Ardianto MH,Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH didampingi istrinya Erma Simbolon menjadi bintang dan langsung berbaur bersama masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Doloksanggul, Jumat (16/8 2024).

Selain melihat keindahan warna warni dan obor Taptu masyarakat berkerumun berebutan menghampiri bersalaman dan melambaikan tangan mengekspresikan rasa senang bertemu dengan Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan P Nababan seakan merindukan dan menggambarkan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat pengunjung.

Taptu dan pawai obor dihiasi penuh warna-warni itu termasuk penampilan drum band diikuti hampir ribuan masyarakat dari berbagai elemen.
Pawai obor yang meriah itu,terlihat rombongan dengan semangat melambaikan tangan memberikan salam kemerdekaan diiringi ucapan “merdeka”.

Lambaian tangan dan kata-kata merdeka itupun disambut Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan P Nababan dengan semangat dan senyuman khas mantan prajurit itu.

Kata Oloan ,upacara Taptu merupakan tradisi untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang harus diteladani dan diteruskan agar perjuangan yang dilakukannya tidak sia-sia. Taptu digelar setiap tahun sebagai kewaspadaan tokoh-tokoh bangsa terdahulu meskipun sudah merdeka, Taptu menjadi pengingat bagi generasi saat ini mengenai perjuangan kemerdekaan, pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang memerdekakan tanah air.

“Tradisi ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat agar dapat memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk didalamnya semangat para pejuang”sebutnya.(eos)

Bagikan :