Pemkab Humbahas Gelar GPM di Balerong Terminal Doloksanggul

Bagikan :

Doloksanggul – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Rommel Silaban SH membuka secara resmi Gerakan Pangan Murah (GPM), Senin (9/9).

GPM itu akan dilaksanakan selama 2 hari, 9-10 September 2024 di Balerong Terminal Doloksanggul.

Rommel Silaban yang didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Humbahas Ir Junter Marbun itu berujar pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia paling utama dan harus senantiasa tersedia secara cukup, aman, bergizi, beragam, terjangkau dan tidak bertentangan dengan keyakinan dan kebudayaan masyarakat.

Dalam menjalankan ketahanan pangan, Pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat.

Kata dia,GPM di Humbang Hasundutan sudah dilaksanakan sebanyak 9 (sembilan) kali sejak tahun 2022 sampai saat ini.

GPM merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan laju inflasi dan menjaga stabilisasi harga komoditas bahan pokok. Masyarakat dapat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau sehingga terjadi perputaran ekonomi yang dapat meningkatkan roda perekonomian daerah.

Pelaksanaan GPM ini difasilitasi Badan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Humbang Hasundutan dan bekerjasama dengan Bulog, Pelaku Usaha, Gapoktan dan UMKM(eos)

Bagikan :