Pemkab Humbahas Distribusikan 50.700 Kg Bibit Jagung ke Petani

Ket.photo: Yonepta Kabid TPH Dinas Pertanian Humbahas
Bagikan :

HUMBAHAS- Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Kabid Tanaman Pangan Holtikultura (TPH) Yonepta Habeahan, optimis petani di Humbahas akan mengalami surplus panen jagung pada tahun 2024.

“Dinas Pertanian Humbahas telah mendistribusikan bibit jagung kepada Petani melalui Kelompok Tani (KT) di 6 kecamatan dataran tinggi sebanyak 50.700 kg dengan luasan lahan 3380 ha,” sebut Yonepta kepada kliktodaynews.com, mengatakan diruang kerjanya, Senin 10/6 di Doloksanggul.

Bantuan bibit jagung itu kata dia berasal dari bantuan Kementan “kami langsung jemput bola ke Kementerian tetapi kita hanya dapat 50.700 kg,” jelasnya.

Lebih lanjut,Yonepta menjelaskan bahwa keseluruhan bantuan bibit jagung itu telah didistribusikan kepada KT dengan CPCL (calon Petani Calon Lokasi) seluas 3.380 ha di 6 kecamatan.

“Kita yakin dari 3.380 ha itu rata rata 5 ton per ha nya akan menghasilkan 16.900 ton, tentu akan mempengaruhi ekonomi petani kita di Humbahas,”sebutnya.

Yonepta menambahkan bahwa Humbahas sebenarnya ada 10 kecamatan meskipun demikian yang dibagikan hanya untuk 6 kecamatan sebab bibit jagung dengan P 40 hanya diperuntukkan di dataran tinggi di Humbahas “empat kecamatan yaitu Kecamatan Pakkat,Parlilitan,Tarabintang dan Baktiraja tidak didistribusikan karena alasan ketinggian,” pungkasnya.(eos)

Bagikan :