Lomba Seruling Semarak HUT RI Ke-79 di Sipinsur

Bagikan :

DOLOK SANGGUL – Dalam rangka memeriahkan perayaan HUT RI 79,Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas)menggelar lomba Seruling se kawasan Danau Toba dan Paduan suara Guru guru se kabupaten Humbahas di tempat wisata alam Sipinsur Kamis, (15/8 2024).

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor di wakili Asisten Administrasi Umum Tua Marsatti Lumban Gaol dalam sambutannya mengatakan selain memeriahkan HUT RI 79 diharapkan melalui lomba ini
akan muncul peserta yang menjadi cikal bakal pemusik handal dalam upaya melestarikan musik tradisional demikian juga dengan lomba paduan suara yang bernilai sejarah agar tetap eksis dan berkembang serta tidak hilang ditelan zaman.

“Apresiasi yang tinggi juga kami sampaikan kepada panitia pelaksana khususnya dinas pariwisata pemuda dan olah raga,”jelasnya.

Kita berharap nantinya akan terilih peserta lomba yang berkwalitas tentunya dapat kita jadikan sebagai upaya memperkenalkan musik tradisional dikalangan masyakat agar terus berkembang ditengah masyarakat serta lestari.

Pelestarian seni budaya Khususnya dalam bidang seni musik dan paduan suara
yang mengandung nilai nilai luhur akan kita jadikan sebagai landasan dalam berkehidupan sosial masyrakat dalam hal kepemimpinan etika maupun kearifan lokal lainnya untuk mewujudkan Humbahas yang Hebat bermentalitas unggul.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Jakkon Marbun kepada KlikTodayNews.com mengatakan bahwa peserta lomba diikuti 40 orang peserta dari kawasan Danau Toba dan lomba paduan suara diikuti guru guru se Humbahas.

Jakkon menjelaskan bahwa para peseta lomba Seruling akn diundang semuanya.mengikuti peringatan detik Proklamasi Kemerdekaan RI 79 di Doloksanggul

“Semua peserta seruling akan di undang ke Doloksanggul hari Sabtu mengikuti detik detik proklamasi,”jelasnya.

Ditambahkannya bahwa peserta koor hanya yang juara satu dua dan tiga yang akan di undang “peserta lainnya akan bertugas mengikuti acara di kecamatan masing masing”tuturnya.

Pada lomba Seruling yang memukau itu para juri diantarnya Martahan Sitohang lulusan Etnomusikologi USU yang tidak asing lagi dan dikenal sebagai Maestro Seruling dan Ade Putra Perdana Pasaribu serta Dapot Parasian Simatupang. (eos)

Bagikan :