HUT RI Ke-79 di Kecamatan Peranginan Berjalan Hikmat, Dosmar Banjarnahor Paparkan Sejumlah Kemajuan yang Dicapai Humbahas

Bagikan :

DOLOKSANGGUL – Peringatan detik detik Proklamasi pada HUT RI 79 kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan yang dilaksanakan di desa Pearung berlangsung hikmat.

Bertindak sebagaai Inspektur upacara Camat Paranginan Sabar Sargih dan Komandan Upacara Serda Binsar Tampubolon,membacakan teks Proklmasi anggota DPRD Humbahas Kepler Torang Sianturi dan untuk pengibar bendera siswa SMAN 1 Paranginan.

Perayaan HUT RI dengn tema NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU diikuti elemen masyarakat tokoh Agama tokoh Pemuda instansi Pemeritah kepla desa bersama perangkatnya dan seluruh sekolah mulai dari PAUD hingga SMA.

Pada kesempatan itu Sabar Saragih membacakan smbutan dari Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas)Dosmar Banjarnago dengan memapaarkan sejumlah kemajun yang telah dicapi Pemkab Humbhad.

Dosmar mengatakn ada tiga momen penting bagi negara indonesia saat ini diantranya penyambutan ibukota baru di Ibu Kota Nusantara(IKN), pergantian Presiden serta menuju indonesia emas tahun 2045 sebagai harapan bahwa bangsa indonesia telah berjuang mengisi kemerdekaan dan menyongsong hari depan yang lebih baik.

Dosmaar menjelaskn bahwa 21 tahun berdiri humbahas banyak perkembangan yang sudah banyak dirasakan masyarakat melalui perkembangan yang dilaksanakan para pemimpin terdahulu untuk menciptakan kemajuan dan menyejahterakan.

Dijelaskan,apaian yang dipeoleh pemkab Humbahas sebagai bukti telah berusaha mengisi kemerdekaan disegala aspek kehidupan

Dosmaar mengajak semua untuk bergandengan tangan menggalang harmonisasi dan sinergitaas antara pemerintah antara pemerintah dan masyarakat

Pertaniannmerupakan salah satu sektor perioritas dimana Humbahas telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kwalitas produksi sekaligus meningkatkan pendapatn dan kesejahteraan masyarakat juga merealisasikan pupuk bersubsidi.
Penerapan imu pengetahuan dan tehnologi pemkab humbahas saat ini sedang berupaya menuju Smart City(kota cerdas) untuk mengintegrasikan tehnologi komunikasi untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
Lanjut dia,pada tahun 2023 telah dibangun Mal Pelayanan Publik(MPP) untuk pelayanan Smart governance,kependudukan,perijinan,klinik rumah swadaya,Sipinsur point untuk pariwisata,informasi pangan ,dan humbahas go untuk pelatihan kerja melalui UMKM keseluruhan ada 130 pelayanan publik yang dapat dilayani di MPP
Humbahas juga telah membangun Pusat Pelayanan Usaha Terpadu yang akan membantu pelaku UMKM

Kata Dosmaar bahwa capaian pembangunan kabupaten humbahas berdasarkan statistik,
Angka kemiskinan turun tahun 2016 9,78% tahun 2023 8,69% atau menurun sebesar 0,9 %.
Angka pengangguran tahun 2021 adalah 1,94 % atai menurun 1,52%
Indeks pembangunan manusia (IPM)tahun 2016 IPM berada pada angka 66,56 pada 2023 IPM berada pada angka 72,49 atau meningkat 5,93 poin yang merupakan kenaikan tertinggi se kawasan Danau Toba.

Dibidang pendidikan saat ini sudah ada 27 orang asisten trainer mate matika gasing,salah seorang guru SDN 175784 Tukka Toruan Pakkat atas nama Livi Julia Sihombing menjadi tutor mate matika gasing telah diterima pada Program S 2 Master of Publik di Tsinghua univercity China danbpadabtahun 2 y023 salah satu tim dari Humbahas berhasil menjadi juara 1 Olimpiademate matika Gasing se Indonesia dan 3 orang siswa dari humbahas ikut ambil peran pada KTT G20 di Nusabdua Bali.
Dosmar juga menyampaikan kemajuan bidang infrastruktur jalan 70,86 % jalan kondisi mantap menjadi tingkat kemantapan tertinggi di kawasan danau toba.

Usai acara peringatan HUT RI 79 kecamtan Paranginan panitia mengelaar hiburan diawali keterampilannPaskibrak SMAN 1 diikuti anak anak sekolah mulai dari PAUD hingga SMA dan juga para Ibu PKK(eos)

Bagikan :