Desa Pearung Humbahas Masuk Nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2024

Bagikan :

Doloksanggul – Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas) Sumut, masuk nominasi 15 besar dalam LDWN (Lomba Desa Wisata Nusantara) 2024 pada kategori desa sangat tertinggal, tertinggal dan berkembang.

Desa Pearung memiliki wisata alam yang sangat indah Geosite Sipinsur salah satu dataran Tinggi Terpopuler Penerima Anugerah Pesona Indonesia 2018.

Obyek wisata Sipinsur ini dianugerahi sebagai Dataran Tinggi terpopuler di Indonesia, dan meraih juara pertama pada Anugrah Pesona Indonesia (API) tahun 2018.

Dataran tinggi yang berada di pinggiran Danau Toba dengan panorama alam yang indah, mengalahkan berbagai dataran tinggi dari kabupaten/kota di provinsi lain di Indonesia.

Ada 15 desa kategori desa sangat tertinggal, tertinggal dan berkembang yang melaju ke LDWN 2024 yaitu Desa Baru Semerah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, Belibak Kabupaten Kepulauan Anambas Kepri, Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu, Cangkang Kabupaten Murung Raya Kalteng, Cinta Raja Kabupaten Langsa NAD, Golo Loni Kabupaten Manggarai Timur NTT, Klepu Kabupaten Ponogoro Jawa Timur, Mattabulu Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, Melung Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Pearung Kabupaten Humbang Hasundutan Sumut, Pela Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim, Santanamekar Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Sawarna Kabupaten Lebak Banten, Tifu Kabupaten Buru Selatan Maluku dan Watuhadang Kabupaten Sumba Timur NTT.

Penilaian ini sesuai dengan presentasi dan wawancara LDWN 2024 yang dilaksanakan Dirjend Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, pada tanggal 3-5 September 2024 lalu.

Bagikan :