Dengan Menyebrangi Sungai, Oloan P Nababan Resmikan PLTS Pompa Air di Pakkat

Bagikan :

Doloksanggul – Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH resmikan Pompa Air Pembangkit Listrik Tenaga Surya(PLTS) di Desa Purba Baringin Kecamatan Pakkat, Kamis 29/8 2024.

Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan.

Untuk menuju lokasi,Wakil Bupati Humbahas bersama rombongan bersusah payah dengan berjalan kaki dan menyeberangi sungai menuju medan pelaksanaan pengguntingan pita sebagai tanda telah diresmikannya Pompa air PLTS.

Peresmian dan serah terima pompa air dari Pempropsu ke Pemerintah Kabupaten Humbahas itu dihadiri Kadis Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut Mulyadi Simatupang M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Martogi Purba MT, Kadis PUTR Renward Henry Marpaung ST, Camat Pakkat Ida Hayati Marbun, S.Sos, Kepala Desa Purba Baringin Dedi B Purba dan lainnya.

Oloan Paniaran Nababan menjelaskan pembangunan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) pompa air ini guna mendukung program terintegrasi peningkatan produktivitas pertanian di Kabupaten Humbahas.

Dijelaskan bahwa dana untuk pembangunan pompa air PLTS ini bersumber dari Pemerintah Provinsi Sumut.

Atas nama Pemkab Humbahas dan masyarakat, Wakil Bupati Humbahas mengucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan Pemprovsu untuk membangunan pompa air di Kabupaten Humbang Hasundutan.
Karena kehadiran pompa air ini akan meningkatkan produktivitas pertanian padi di Humbahas khususnya di Desa Purba Baringin Pakkat.

Kata Oloan,pertanian merupakan sektor perekonomian yang paling dominan di Humbang Hasundutan.

Dimana hasil pertanian yang paling banyak dibudidayakan masyarakat antara lain padi, jagung, tanaman holtikultura, kopi dan jenis tanaman lainnya.

Dengan adanya pompa air ini, diharapkan hasil produktivitas khususnya padi akan meningkat dengan demikian kesejahteraan masyarakat juga tentu meningkat.

Untuk lebih meningkatnya hasil pertanian di Humbahas,sangat diharapkan dukungan dari pemerintah pusat dan khususnya Pemprovsu.

Kepada masyarakat Oloan berharap agar Pompa air itu dimanfaatkan dan sama-sama menjaga, dipergunakan dan dipelihara dengan baik, supaya berfungsi untuk jangka panjang. “Kami sangat mengapresiasi program yang dialokasikan Pempropsu ke Humbahas ini, semoga kedepannya, lebih banyak lagi bantuan diberbagai urusan pemerintahan terutama penyediaan sarana prasarana yang sangat dibutuhkan masyarakat” sebut Oloan berharap.(eos)

Bagikan :