Ajak Tertib Berlalulintas, Satlantas Polres Humbahas Bagikan Stiker dan Leaflet

Bagikan :

Humbahas-Kliktodaynews.com||
Satlantas Polres Humbahas kembali menggelar  Ops Zebra Toba tahun 2023, kali ini Satlantas Polres Humbahas menggelar sosialisasi dengan cara memasang stiker dan membagikan leaflet tertib berlalu lintas di Jalan Merdeka Doloksanggul, Minggu (10/09/2023).

Sosialisasi dilakukan untuk mengimbau serta mengingatkan masyarakat khususnya pengguna jalan agar mempersiapkan seluruh kelengkapan berkendara sebelum keluar rumah, serta untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, fatalitas dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto, melalui Kasat Lantas Polres Humbahas AKP Henry Palona Bangun, di depan Polsek Dolok sanggul.
“Sosialisasi tertib berlalu lintas ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Operasi zebra Toba 2023 yang digelar selama 14 hari,” kata Henry.

Tidak hanya membagikan leaflet dan memasang stiker pada kendaraan roda dua dan empat, pihaknya juga melaksanakan pemasangan spanduk himbauan tertib berlalu lintas.

Lebih lanjut dijelaskannya, ada beberapa point yang menjadi sasaran Operasi Zebra Toba tahun 2023, meliputi segala potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan serta pelanggaran lalu lintas baik sebelum, maupun pasca Operasi dilaksanakan.

Baca Juga :  Inspektur Wilayah V Itjen Kemenkumham kunjungi Rutan Kelas IIB Humbahas

Dalam pelaksanaannya, seluruh personel yang terlibat operasi lebih mengedepankan edukatif, persuasif, simpatik serta melaksanakan kegiatan secara humanis.

“8 sasaran utama Operasi Zebra Toba 2023 yakni penggunaan helm SNI bagi pengendara roda dua, pelanggaran batas kecepatan, melawan arus, dan tidak memiliki/membawa SIM saat mengemudi serta pengendara di bawah umur. Kemudian menggunakan knalpot tidak sesuai standar ataupun bising (brong), berkendara dalam pengaruh alkohol, pelanggaran Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dan menggunakan handphone saat berkendara,” ungkap Henry

Tambahnya, termasuk penggunaan sabuk keselamatan (safety belt) untuk pengemudi roda empat dan ODOL (Over Dimensi/Over Loading muatan roda empat atau lebih).

Kasat Lantas berharap, dengan dilaksanakannya Operasi zebra Toba 2023 ini dapat meningkatkan keamanan, keselamatan dan ketertiban di jalan raya.

“Tentunya semua ini tidak terlepas juga peran serta seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap taat dengan aturan berkendara di jalan raya,” tutup Kasat Lantas. (Afg/Ktn)

Bagikan :