Marak Penipuan dari Handphone, Ini Pesan Kapolres Sibolga

Kasi Humas AKP R.Sormin,Ag, Jum'at (27/01/2023) pagi.
Bagikan :

SIBOLGA – Kliktodaynews.com|| Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH,SIK,MH menghimbau masyarakat khususnya kota Sibolga agar tidak menerima pesan WA atau pesan singkat sembarangan terkait pengantaran paket dan buka link baik JNT,Shope,JNE,Lazad dan lain lain bila tidak ada memesan paket.

Halt tersebut disampaikan Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH.SIK,MH melalui Kasi Humas AKP R.Sormin,Ag, Jum’at (27/01/2023) pagi.

Masyarakat khususnya kota Sibolga agar berhati hati bila ada menerima pesan WA atau pesan singkat sembarangan terkait pengantaran paket dan buka link JNT,Shope,JNE,Lazad dan lain-lain, bila memang tidak ada memesan paket,” sebut Sormin.

 Sormin menambahkan bahwa perbuatan dilakukan dengan peran adanya pelaku yang pengembangan pakettif, mengumpulkan data base korban,menguras rekening korban serta penarikan pada rekening korban.

Untuk melakukan kegiatan dengan cara
– Mengirimkan link ke aplikasi pesan singkat korban yang menyatakan korban telah memesan paket dan kirimannya telah tiba sehingga korban penasaran lalu membuka link tersebut karena tertulis lihat paket.
– Korban yang penasaran karena tertulis lihat paket ternyata membuka link penipuan untuk meretas hp korban.Peretasan dilakukan untuk menguasai dan mengontrol semua aplikasi di hp korban termasuk mobail bangking.
– Saat membuka link korban terkejut karena ada pemberitahuan bahwa telah diretas dan saat itu korban tidak mampu mengakses ponselnya termasuk semua aplikasi.
– Lalu menguasai ponsel korban dan dapat mengakses data perbankan,email hingga aplikasi pesan singkat dan dalam waktu singkat dapat menguras rekening korban lewat aplikasi mobail bangking atau dompet m.bangking,” ujar sormin.(JN/KTN)

Bagikan :