Manfaat Ayam Cemani Bagi Kesehatan dan Mitosnya

Ayam Cemani
Bagikan :

Kliktodaynews Ayam merupakan jenis unggas yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat luas. Harga ayam yang terjangkau dibandingkan dengan harga daging hewan seperti kambing dan sapi, membuat daging ayam banyak dikonsumsi masyarakat luas. Pada umumnya, jenis ayam yang biasa dikonsumsi yakni ayam potong, atau ayam peterur, dan ayam kampung yang sering dikonsumsi dan digunakan untuk peringatan hari besar. Kedua jenis ayam ini sama-sama digunakan sebagai konsumsi untuk memenuhi gizi dan dengan konsumsi yang pas, akan bermanfaat untuk kesehatan. Namun, pernahkah mendengar tentang ayam cemani?

Ciri-ciri Ayam Cemani

Ayam cemani, atau biasa juga disebut ayam hitam sebenarnya juga termasuk ayam asli Indonesia. Akan tetapi, ayam cemani ini sudah mulai langka dan memiliki harga yang sangat tinggi. Satu ekor ayam cemani yang sudah besar dapat dijual hingga harga 400 ribu rupiah. Berbeda dengan ayam pada umumnya yang memiliki darah merah, tulang putih dan daging yang berwarna putih kekuningan, semua bagian tubuh ayam cemani memiliki warna hitam legam. Ayam cemani asli, atau biasa orang Sunda menyebutnya Hayam Hideung dulunya banyak dipelihara oleh raja dan keturunan ningrat. Itulah mengapa ayam cemani memiliki nilai yang eksklusif berbeda dengan jenis ayam pada umumnya. Selain itu, ayam cemani juga sulit dikembangbiakkan, itulah mengapa ayam cemani mulai langka dan tidak banyak orang memiliki jenis ayam cemani ini.

Manfaat Ayam Cemani Untuk Kesehatan

Warna hitam ayam cemani dan harganya yang selangit ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai pajangan karena harga yang mahal dan warnanya yang unik, tetapi memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat ayam cemani untuk kesehatan diantaranya :

1. Menyembuhkan Luka Keseleo

Ayam cemani memiliki kandungan minyak yang berasal dari lemak daging ayam cemani. Minyak yang terkandung dalam ayam cemani ini mampu mengatasi luka dalam seperti terkilir dan keseleo. Cara mendapatkan minyak ayam cemani dapat dilakukan dengan mengukus daging ayam cemani. Meskipun belum ernah dilakukan penelitian secara medis tentang minyak ayam cemani, namun menurut kepercayaan masyarakat, minyak ayam cemani terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit dalam seperti terkilir dan keseleo.

2. Meningkatkan Vitalitas Pria

Menurut kepercayaan masyarakat, ayam cemani mampu mengkatkan vitalitas pria ketika berhubungan intim. Bagian ayam cemani yang dapat meningkatkan vitalitas pria yakni adalah darah dari ayam cemani. Dengan meminum darah ayam cemani, vitalitas pria akan meningkat. Selain darah ayam cemani, telur ayam cemani memiliki manfaat yang sama, yakni meningkatkan vitalitas pria. Dengan menambahkan madu dan beras kencur telur cemani mampu meningkatkan vitalitas pria.

Mitos Ayam Cemani

Selain manfaatnya untuk kesehatan, ayam cemani juga memiliki mitos yang sangat kental. Beberapa kepercayaan manyarakat tentang ayam cemani diantaranya:

1. Menambah Rejeki

Pada dasarnya, rejeki merupakan pemberian dari Tuhan dan sudah dibagikan sesuai dengan porsinya masing-masing. Namun, menurut kepercayaan yang ada, seseorang akan mendapatkan rejeki hanya dengan menyimpan telur ayam cemani . Selain mendatangkan rejeki, telur ayam cemani juga dapat mendatangkan hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya. Selain menyimpan telurnya, kepercayaan lain menyebutkan, dengan memelihara ayam cemani, maka rejeki juga akan bertambah lancar.

2. Memperoleh Kesaktian

Pada jaman kerajaan, ayam cemani banyak dipelihara karena dipercaya dapat meningkatkan kesaktian para raja. Dengan memelihara ayam cemani, maka dipercaya kesaktian pemilik ayam cemani ini akan bertambah, karena ayam cemani tersebut sebagai media untuk mencari ilmu gaib. Untuk mencapai penguasaan suatu ilmu tertentu, ayam cemani menjadi salah satu bentuk sajen agar ilmu tersebut tercapai.

3. Membuat Bayi Terhindar Dari Makhluk Halus

Dalam mitos jawa, jika ada bayi yang rewel disebabkan karena diajak pergi jauh dan datang pada acara pernikahan biasanya dikaitkan dengan bayi tersebut diganggu oleh makhluk halus. Banyak orang percaya, dengan mengoleskan darah ayam cemani pada kepala bayi, maka bayi akan terhindar dari gangguan makhluk halus.

4. Menangkal Datangnya Roh Jahat

Bagian dari ayam cemani yang dipercaya dapat menangkal roh jahat yakni bulu ayam cemani. Dengan menyimpan bulu ayam cemani di dalam dompet, maka orang tersebut akan terhindar dari gangguan makhluk, atau roh jahat yang mengganggu. Menurut kepercayaan orang Batak, dengan menemukan ayam cemani di hutan, maka akan mendapatkan berkah dari roh nenek moyang yang telah meninggal.

5. Menjadi Syarat Dalam Ritual Gaib

Memelihara ayam cemani juga banyak digunakan sebagai syarat untuk ritual gaib. Pembangunan gedung dan usaha besar seperti pembangunan hotel, mall dan banyak lainnya,banyak yang percaya dapat berjalan lancar apabila memelihara ayam cemani. Ayam cemani mampu menjadi pelancar atas pembangunan yang dijalankan dan nantinya akan menguntungkan baik pembangun dan orang yang melakukan usaha tersebut.

6. Sebagai Tumbal

Dalam dunia mistis, tumbal menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Tumbal dapat dengan mengorbankan manusia lain, namun hal ini dianggap tidak manusiawi. Tumbal lain yang bisa digunakan yakni dengan ayam cemani. Daging, tulang, dan darah ayam cemani yang berwarna hitam, dipercaya sebagai makanan kesukaan jin, dedemit, iblis dan berbagai jenis makhluk halus lainnya. sebelum dijadikan tumbal, ayam cemani terlebih dahulu dimandikan dengan kembang 7 rupa dan dibacakan mantra terlebih dahulu, baru kemduian dijadikan sebagai tumbal atau sesajen. Mantranya pun tidak sembarang orang yang membacanya, namun harus orang pintar. Baru setelahnya disembalih dan diambil darah serta dagingnya dan kemudian disuguhkan ke makhuk gaib.

7. Digunakan Untuk Berbagai Jenis Ritual

Ayam cemani yang unik karna seluruh tubuh dan bagiannya berwarna hitam memiliki banyak peran dalam dunia gaib. Banyak orang yang percaya, memanfaatkan daging cemani maupun mememlihara ayam cemani mampu menjadi media untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Ayam cemani banyak dimanfaatkan untuk ruwat atau syukuran bumi, laut, gunung dan lainnya. Selain itu juga, ayam cemani dimanfaatkan untuk memandikan bahan pusaka. Dalam dunia asmara, ayam cemani dipercaya dapat digunakan untuk memikat lawan jenis bagi orang yang sulit mendapatkan jodoh.

Warna yang unik dan langka yang dimiliki oleh ayam cemani, membuat ayam ini memiliki mitos tersendiri, tidak hanya manfaatnya dalam kesehatan. Langkanya ayam cemani karena ayam ini memang sulit untuk dikembangbiakkan. Harga dari ayam cemani juga terlampau maha tergantung pada umu dan ukuran ayam tersebut. Namun, meskipun banyak mitos tentang ayam cemani, sebagai manusia tidak boleh lupa jika ada sang Pencipta yang menjadi tempat untuk memohon manusia.(red)

Bagikan :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*