Sudut Pandang Anak Muda Siantar tentang Lingkungan dan Pariwisata Lokal

Bagikan :

SIANTAR – Kliktodaynews.com|| Komunitas & Anak Muda Siantar melakukan camping, Sharing diskusi dengan Pegiat Pemuda dan Pemerintah di Acara NGOPI Anak Muda di Bahbolon Siantar Artventure.

Kegiatan NGOPI Anak Muda di inisiasi oleh komunitas pemuda, siswa dan mahasiswa dan mengambil thema “Sudut Pandang Anak Muda tentang Lingkungan dan Pariwisata Lokal”

Kevin Lumban Gaol, selaku Publik Relation mengatakan ” Kegiatan ini Harus segera dilakukan melihat apatisme yang sudah terlihat dari golongan muda di Pematang Siantar. Kolaborasi anak muda harus dilakukan secara berkelanjutan agar dapat titik simpul yang baik antar organisasi, komunitas, pemerintah dan stakeholder terkait. jelasnya.

Dinri Girsang Selaku Mahasiswa USI membacakan Grand Isu yang tersimpulkan dari beberapa komunitas yang ikut dalam kegiatan ini yaitu :
1. penanganan (klasifikasi) sampah di Pematang Siantar
2. Tingginya retribusi tempat rekreasi di Pematang Siantar
3. Atur ulang Regulasi Pendirian Tanah Kavling, karena itu menghilangkan daerah resapan air
4. Mengembangkan potensi objek wisata lokal di Pematang Siantar

Baca Juga :  Bupati Radiapoh Hadiri Perayaan Natal Bersama di Kecamatan Purba

Pada acara ini, narasumber yang hadir yaitu dari sektor pemerintahan adalah Syaiful Rizal (Camat Siantar Timur) & Perdana Hutagalung (Kasi Objek Wisata dinas pariwisata) dan pegiat lingkungan Tumpak Hutabarat (Siparjalang), Elfrin Hutabarat (pak ubul) dan Andi King.

Selaku KASI Objek Wisata, Perdana Hutagalung mengatakan kita selaku pemerintah sudah mulai melakukan pembenahan untuk kemajuan objek wisata di Pematang Siantar. Namun, kami tak dapat berjalan sendiriaan, jadi kami juga sangat berharap agar anak-anak muda ikut berperan serta yang nantinya akan kita atur lebih mendetail program apa yang dilakukan.

Syaiful Rizal Selaku Camat Siantar Timur menegaskan “Kita sebagai pemuda harus berbuat dari hal-hal yang paling kecil. Berbicara tentang lingkungan, kita harus memiliki program yang berjalan contohnya seperti pengolahan limbah.

“Kecamatan Siantar Timur, sudah terealisasi Sitiur recycled art. Nah, ayo anak muda jika kalian memang semangat kita akan lakukan hal-hal serupa di daerah dan sektor lainnya,” tegasnya.

Sejalan dengan hal tersebut Tumpak Hutabarat menyuarakan “Anak muda harus melek dari segala aspek, jangan jadi anak muda yang tukang kritik tetapi tidak memiliki solusi dan hanya sebatas wacana, berkolaborasilah, sehingga mampu memberikan dampak positif untuk kota pematang siantar.

Baca Juga :  Tragis, Ibu Rumah Tangga di Garut Ini Tewas di Tangan Suami Sendiri

Elfrin Hutabarat dan Andi king menyuarakan hal yang sama yaitu harus ada keberlanjutan kegiatan ini. Anak muda harus mampu membuat ekosistem yang benar dengan regulasi yang baik. Ekonomi Kreatif juga harus ditingkatkan agar tercipta lingkaran yang bisa memajukan kota pematang siantar.

Anak muda memiliki Kreatifitas dan Inovasi yang seharusnya mampu menjadikan Pematang Siantar lebih baik dan maju. Mari kita mulai hal – hal sederhana seperti ini, sehingga tercipta gerakan masif pemuda untuk memajukan Sektor lingkungan dan pariwisata lokal” tutup Kevin Lumban Gaol. (VIN/KTN)

Bagikan :