Muskab Dilantik, Kadin Batubara Diminta Dampingi BUMDesa

pelantikan terhadap Ketua Kadin Kab. Batu Bara terpilih yakni H.OK Faizal Djalil berserta segena susunan kepengurusan lain untuk masa bakti 2020-2025
pelantikan terhadap Ketua Kadin Kab. Batu Bara terpilih yakni H.OK Faizal Djalil berserta segena susunan kepengurusan lain untuk masa bakti 2020-2025
Bagikan :

Batubara-Kliktodaynews.com Ikatan Kamar Dagang dan Industri (IKADIN) kabupaten Batu Bara atau lebih populer dikenal dengan sebutan Kadin terbukti telah menunjukkan kelasnya, pasalnya pelaksanaan 2 (dua) rangkaian kegiatan yang digelar pada hari serta waktu bersamaan oleh organisasi elit merupakan wadah tempat berkumpulnya para pengusaha di Batu Bara ini terkesan begitu sangat tidak bertele-tele..

Mungkin di kabupaten Batu Bara, hal ini baru kali pertama dilakukan. Sebab pantauan media ini pada Kamis (30/1/2020) dimulai sekira pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB, para pengusaha itu melakukan Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) pemilihan Ketua Kadin Kabupaten, berikutnya hanya berselang 5 jam saja atau sekira pukul 20.00 WIB malam, langsung melaksanakan pelantikan susunan pengurus terpilih.

Ketua kamar dagang dan industri (Kadin) Sumatera Utara, Ivan Iskndar Batubara ssndiri tampak melakukan pelantikan terhadap Ketua Kadin Kab. Batu Bara terpilih yakni H.OK Faizal Djalil berserta segena susunan kepengurusan lain untuk masa bakti 2020-2025. Lokasi anatara tempat berlangsungnya MUSKAB dengan Prosesi Pelantikan pun berjarak kurang lebih sekitar 3 kilometer.

Tempat atau lokasi berlangsungnya prosesi Pelantikan sendiri terlihat mengusung konsep lapangan terbuka, yaitu dilaksanakan di lapangan sepak Bola Kak, Blok 8 kelurahan Limapuluh kecamatan Limapuluh Kota kabupaten Batu Bara dengan rangkaian tertib acara sebagaimana lazim sebuah acara pelantikan organisasi pada umumnya.

Dalam pidatonya H.OK Faizal Djalil selaku ketua Ikadin Batu Bara menjelaskan, bahwa visi misi pihaknya tetap akan disesuaikan dengan visi misi Kabupaten Batu Bara. Dengan tujuan bahwa sebagai mitra sejajar, kedepan pihak Kadin Batu Bara akan dapat terus memberikan saran serta masukan dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya melalui pembinaan UKM (Usah Kecil Menengah) yang ada.

Baca Juga :  HUT Indonesia Ke-75 Tahun : Bupati Batu Bara Bertindak Sebagai Inspektur Upacara & Ikuti Prokes


“Kami ingin mendorong kemajuan bagi pengusaha-pengusaha di kabupaten ini, dengan maksud guna lebih memperluas terciptanya lapangan pekerjaan baru. Tentu semua itu tidak akan bisa berjalan dengan baik, tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah”, ujarnya secara lugas.

“Selanjutnya Kadin Batu Bara pun akan mempeekuat kerjasama dengan dinas Koperasi dan Perdangan (Kopedindag) setempat dengan cara membangun ‘Rest Area’ diwilayah perbatasan Kabupaten Batu Bara dengan Serdang Berdagai, kemudian berencana akan mendirikan industri sepatu. Sebab ternyata selama ini banyak pengrajin sspatu asal Batu Bara yang bekerja di sentra pembuatan sepatu Kabupaten Asahan”, ungkapnya.

Sementara itu Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir.MAP dalam sambutannya mengatakan, Kadin harus bisa berkobolarasi dengan pemerintah dalam membentuk serta pemberdayaankan para pengusaha dan masyarakat. Apalagi menurutnya bahwa saar ini Batu Bara merupakan salah satu wilayah proyek strategis nasional, maka sangat berpotensi paling tidak mengambil peran sebagai penyuplai kebutuhan makanan seperti telor dan beras kepada tenaga kerja yang diperkiraka akan berjumlah hingga puluhan ribu orang.

“Dengan keberadaan puluhan ribu tenaga kerja tersebut, maka sangat msmbuka peluang terciptanya peluang usaha dalam bentuk indrustri baru yang proses produksinya dilakukan di Batu Bara. Dan ditiap-tiap desa nantinya tinggal dipilih usaha apa yang cocok, untuk itu Kadin lah yang akan menjadi pendamping BUMDesa dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat”, harapnya.
Baca Juga :  Kakek Sarno Penjual Lemang Dapat Program Grebek Bansos Kapolres Batu Bara


Selanjutnya Ketua Kadin Sumut, Ivan Iskandar Batubara mengungkapkan, bahwa Kabupaten Batu Bara ssndidi merupakan salah satu daerah penyanggah Sumatera Utara. Menurut pengamatannya berdasarkan data perkembangan perkonomian, selama 3 tahun terakhir, situasi ekonomi Batu Bara sscara keseluruhan dianggap cukup baik. Tercatat indrustri PT Inalum sendiri bertumbuh pesat, apalagi nantinya akan didukung oleh keberadaan pelabuhan Kuala Tanjung yang akan mempermudah para pengusaha menjual hasil industri nya baik di dalam negari maupun keluar negeri.

Sebelum berakhirnya acara, Ketua Kadin Batu Bara H.Ok Faizal Djalil pun terlihat menyerahkan mesin pengiris singkong untuk home industri Kripik kepada beberapa Kelompok usaha. Sedang tampak hadir dalam acara pelantikan M.Santri Azhar Sinaga wakil ketua bidang organisasi kadin Sumut, Hendra Utama Direktur Eksekutif Kadin Sumut, Kadis Koprindag Batu Bara,  Kadis Perkim Batu Bara, kadis Perizinan, Unsur Pimpinan DPRD Batu Bara, Wakapolres Batu Bara Kompol Abdul Muthalib, Danramil 02/limapuluh Kapten Inf. H.Marpaung, para Camat serta puluhan Kepala Desa.

Reporter || Bima Pasaribu

Bagikan :