Siap Tampung Kunjungan Wisatawan, Pemkab Batu Bara Bangun Galery dan Workshop Tenun Songket

Bagikan :

BATU BARA – Kliktodaynews.com|| Pembangunan Galery dan Workshop Tenun Songket Batu Bara di Dusun Sei Gelanggang Desa Padang Genting Kecamatan Talawi untuk mengantisipasi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pandang dan Pulau Salah Namo serta lokasi wisata lainnya di Kabupaten Batu Bara.

Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara Arif Hanafiah mengungkapkan hal itu saat ditemui di Kantor Bupati Batu Bara di Lima Puluh, Senin (15/11/2021).

“Kedepan, wisatawan yang pergi atau pulang dari pulau tentu akan melewati Desa Padang Genting dan singgah untuk berbelanja”, terang Arif.

Dijelaskan Arif, Pemkab Batu Bara memprioritaskan produk-produk lokal Batu Bara agar dikenal dan diminati wisatawan.

“Untuk itu diatas lahan 6.000 M3 akan dibangun komplek

Galery dan Workshop Tenun Songket terpadu”, jelasnya.

Pada tahap awal pihaknya telah melakukan pembebasan lahan milik warga.

Selanjutnya telah selesai dibangun turap (tembok) di sekeliling lokasi menggunakan anggaran APBD Kabupaten Batu Bara tahun 2021.

Setelah dilakukan penimbunan, diatasnya saat ini sedang dibangun Galery dan Workshop yang merupakan bantuan Pemprovsu.

Baca Juga :  Aiptu Edwan Sitorus Pimpin Operasi Yustisi Di Pasar Pekanan Antara

Selain itu, pada bagian depan saat ini juga sedang dibangun gapura sebagai gerbang masuk ke lokasi Galery dan Workshop yang juga bantuan Pemprovsu.

“Kalau tidak ada pengurangan DAU dari Pemerintah pusat direncanakan akhir tahun 2023 kelak telah berdiri Galery dan Work shop terpadu. Disana akan dibangun tempat pelatihan pengrajin tenun songket, lapak pengrajin untuk pembuatan songket, musholla dan rest area serta toilet”, papar Arif.

Menjawab wartawan, Arif menyebutkan lokasi tersebut diprioritaskan untuk pengrajin tenun songket di Kecamatan Talawi dan Kecamatan Datuk Tanah Datar.

Sedangkan pemilihan lokasi Galery dan Workshop dikatakan Arif karena Desa Padang Genting merupakan asal tenun songket yang saat ini pengrajinnya sudah tersebar dihampir seluruh kecamatan di Kabupaten Batu Bara.

Selain menjadi lokasi pusat penjualan tenun songket disebutkan Arif di lokasi tersebut akan diproduksi dan dipamerkan produk sandang yang menggunakan bahan dasar tenun songket.

“Produk tersebut seperti kemeja songket, kebaya songket, tengkuluk songket, tas songket dan produk lainnya yang menggunakan tenun songket”, pungkas Arif. (STAF07/KTN)

Bagikan :