Peluang Bisnis Anjing Ras di Pematangsiantar di Masa Pandemi Covid-19

Bagikan :

SIANTAR – Kliktodaynews.com|| Bisnis anjing ras merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan beberapa tahun belakangan. Namun semenjak dilanda pandemi Covid-19 bisnis anjing ras mulai meredup.

Salah satu pemilik anjing ras jenis Pitbull di Pematangsiantar, Bangun Pasaribu melirik peluang bisnis anjing ras ini sejak tahun 2017. Bangun juga mengungkapkan bisa melampiaskan hobinya sambil melakukan bisnis dan meraih keuntungan.

“Awalnya hobi memilihara anjing, saat itu beli anakan pitbull betina dari seorang teman. Setelah besar dan melahirkan 9 ekor anakan, kemudian coba-coba posting di media sosial. Ternyata konsumen banyak yang tertarik. Dalam hitungan minggu, seluruh anakan sudah terjual habis,” ujar Bangun, Selasa (3/5/2022).

Keuntungan utama dari bisnis anjing ras ini pada waktu dulunya adalah nilai jual akan anjing ras yang cukup tinggi.

“Anjing ras Jenis Pitbull dimasa dulunya, jenis ini paling banyak diminati dan dicari oleh orang,”ucapnya.

Hanya ada beberapa breeder jenis pitbull yang ada di Pematangsiantar, hanya hitungan hari anakan sudah habis terjual. Seiring berjalan waktu, pesaing semakin banyak dengan harga saing yang tidak memiliki patokan.

Baca Juga :  Angkot SKB di Hadang dan Digeledah Polisi, Teryata..

“Kalau saat ini, kalau soor dan harga cocok yang angkut, terkadang pembeli tidak memperhatikan, kwalitas, asal usul indukan dan keturunan dari mana,”imbuh Bangun.

“Pembeli anakan anjing, selalu saya arahkan agar jemput ke rumah, jadi bisa lihat langsung indukannya,” timpalnya.

Bangun juga menceritakan bahwa harga makanan untuk anjing jenis pitbull saat ini sudah tinggi dan sulit untuk didapatkan.

“Dari dulu saya selalu berikan daging babi hutan (aili) untuk tambahan makanannya selain dog food. Untuk daging aili layak makan sekitar 45 ribu per kilonya, sedangkan untuk dog food ukuran 20 kg sekitar Rp 380 ribu,” ucap Bangun.

Selain makanan, anjing yang berumur 2 bulan harus disuntikan vaksin Eurican 4, dan umur 3 bulan kembali disuntik vaksin Eurican 6.

“Harga vaksin juga ikut melambung tinggi saat ini,”tambahnya.

Bangun Pasaribu yang juga sebagai pemilik Media kliktodaynews.com ini berpesan sebelum memulai bisnis anjing ras,  Anda harus memiliki tempat yang memadai, keterampilan, serta pemahaman yang baik mengenai anjing ras.

Baca Juga :  Dituduh Sebagai Pengedar Ganja, Rudy Siregar akan Tempuh Jalur Hukum

“Yang paling utama itu adalah tempat dan waktu yang bisa kita berikan untuk hewan peliharaan kita ,” tutupnya. (WK/KTN)

 

 

 

 

 

Bagikan :