218 Keluarga Penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) Di Kelurahan Siopat Suhu Dinonaktifkan

Bagikan :

Pematangsiantar-Kliktodaynews.com Progam Kartu Indonesia Sehat disebut sebagai program pemerintahan Joko Widodo yang paling sukses dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

KIS berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. KIS dapat digunakan di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.

Manfaat kartu Indonesia Sehat tidak lagi dirasakan oleh masyarakat kota Pematangsiantar terkhusus masyarakat Kelurahan Siopat Suhu kecamatan Siantar timur.

Menurut data dari kementrian sosial bahwa masyarakat kelurahan siopat suhu penerima manfaat Kartu indonesia sehat sejumlah 218 keluarga KIS nya sudah di nonaktipkan alias tidak dapat digunakan.

Penonaktipan kartu KIS masyarakat kelurahan siopat suhu menurut petugas enum BKI (Biro Klarifikasi Indonesia ) Grace Anastasia Siahaan, bahwa KIS masyarakat Kelurahan Siopat Suhu dinonaktipkan diakibatkan tidak ada kerja sama oleh Lurah siopat suhu dengan BKI ( Biro Klasifikasi Indonesia)  dalam hal Verifikadi dan Vasilidasi Data (Prelist) .

Menurut Enum BKI Grace Anastasia Siahaan bahwa mereka sudah melakukan Muskel sekitar bulan september 2019 dikelurahan siopat suhu dengan dikumpulkannya semua RT dan Lurah.  Grace mengatakan bahwa Lurah siopat suhu dan RT tidak bekerja memberikan data masyarakatnya untuk dilaporkan ke Kemensos agar masyarakatnya bisa mendapatkan manfaat KIS, mereka sudah berulang kali menanyakan Lurah terkait data masyarakat nya alhasil tidak pernah diberikan sedangkan kontrak mereka akan habis sekitar 1 minggu lagi.Menurut grace  KIS masyarakat siopat suhu dinonaktipkan atau tidak bisa digunakan lagi.

Baca Juga :  Warga Siantar Keluhkan Gas Elpiji di Tabung 3 Kilo Cepat Habis


Sampai saat ini Lurah Siopat Suhu Retty Saragih belum dapat dimintai keterangan terkait dinonaktipkan KIS masyarakatnya sebanyak 218 orang. (RED/KTN)

Bagikan :