Angin Puting Beliung Akibatkan Kerusakan Rumah Warga Banyuwangi

Foto : Cuaca ekstrem berupa angin puting beliung melanda pemukiman warga di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, pada hari Rabu (17/3) (InaRisk)
Foto : Cuaca ekstrem berupa angin puting beliung melanda pemukiman warga di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, pada hari Rabu (17/3) (InaRisk)
Bagikan :

BANYUWANGI- Kliktodaynews.com Cuaca ekstrem berupa angin puting beliung melanda pemukiman warga di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, pada hari Rabu (17/3), pukul 13.30 WIB. Fenomena ini mengakibatkan kerusakan rumah warga setempat.

Berdasarkan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Banyuwangi, peristiwa ini terjadi di Desa Kembritan dan Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng. BPBD melaporkan 16 unit rumah mengalami sudak ringan dan 1 unit kandang hewan rusak sedang. Di samping kerusakan, angin kencang mengakibakan pohon tumbang.

Merespona kejadian ini, BPBD Kabupaten Banyuwangi melakukan upaya berupa pergerakan menuju lokasi bencana dan melakukan kaji cepat dampak, data korban, jumlah kerusakan dan lain-lainnya. Selain itu, BPBD juga melakukan koordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk melakukan perbaikan terkait jaringan listrik yang mengalami kerusakan akibat pohon yang tumbang dari bencana puting beliung ini.

Masyarakat diharapkan tetap waspada dalam menghadapi cuaca ekstrem di daerah setempat. Fenomena angin puting beliung dapat terjadi saat pergantian musim. Diimbau pula agar warga terus memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG dan BNPB untuk mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem dan bencana lainnya. (BNPB/KTN)

Baca Juga :  Ops Bina Waspada Krakatau 2021, Satbinmas Polres Way Kanan Binluh di Ponpes AS Sunnah

Bagikan :